GRESIK - Final Indonesia Scout Challenge (ISC) 2015-2016 yang digelar di Bumi Perkamahan Sunan Kalijaga kecamatan Sidayu, Gresik telah usai, hasilnya 30 regu terbaik, masing-masing 15 regu putera dan 15 regu puteri akan mewakili Jatim di tingkat Nasional yang akan digelar pada Bulan Oktober mendatang di Yogyakarta.
Terpilihnya 30 regu putera dan puteri tersebut merupakan kerja keras dan kekompakan dalam memecahkan berbagai macam tantangan yang diberikan oleh tim juri ISC dan berhasil bersaing dengan lebih dari 1.500 peserta lainnya.
Menurut kabag Humas pemkab Gresik Suyono, regu-regu terbaik itu diantaranya SDN Ronggojampi, SD Al-Ya'lu, SDN 1 Jenangan, SD Insan Cendekia Pacitan, SD Albadar Kedungwungu, MI Al-In'am, SDN Kademangan 01, SDN Mojo 6, MI Tarbiyatul Atfal Tegaldlimo, MIN Rejotangan, SDN Tompokersan 3, SDN Tengger Lor, SDN Simo, SDN Ngadiluwih 1, SDN Tompokersan 1 di regu putera.
Sedangkan regu puteri diwakili SD Al-Ya'lu, SD Tompokersan, SDN Glagah 2, SDN Bakung, SD Al-Kautsar, SDB Jetis 03 Lamongan, SDN 1 Jepun, SDN Laden 1 Pamekasan, SDN Panganjuran, SDN 1 Pasinan Lemahputih, SDN Sanan 01, SDN Arjosari, SDN Bandar 03, SD Citrodiwangsan 02 dan SDN Jati 01.
"Mereka akan mewakili Jawa Timur untuk bersaing bersama ribuan Scout lainnya ditingkat Nasional dan akan dilaksanakan di Yogyakarta pada Oktober mendatang," kata Suyono, Sabtu (17-09-2016).
Sementara itu, Bupati Gresik Dr. Ir. Sambari Halim Radianto selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabincab) gerakan pramuka kwarcab Gresik mengaku bangga atas kekompakan dan kerjasama tim yang terjalin selama mengikuti final ISC yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut.
Terlebih kepada para perwakilan Kabupaten/kota yang akan berangkat ke tingkat nasonal, Bupati Sambari mengucapkan selamat. "Selamat atas keberhasilan adik-adik, tetap jaga kekompakan dan jadilah generasi penerus bangsa yang senantiasa mencintai gerakan pramuka," kata Bupati Sambari.
Selain itu, dirinya juga sangat senang lantaran bumi perkemahan yang baru saja diresmikan tersebut sudah dapat dirasakan manfaatnya, dengan diadakannya event terbesar tersebut.
"Kalau ada event pramuka, silahkan tempat ini (Bumper sunan Kalijaga red) ini dipergunakan, dengan senang hati kami mempersilahkan," ujar Bupati Sambari.
Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Gresik Dr. H. Moh. Qosim yang sekaligus wakil Bupati Gresik juga senada dengan Bupati Sambari. Dirinya menilai bahwa selama kegiatan yang final ISC yang digelar selama dua hari tersebut, terlihat kekompakan dan kemandirian para Scout.
"Meskipun adik-adik jauh dari rumah, namun sangat terlihat kemandirian adik-adik dalam mengikuti kegiatan ini, maka dari itu, yang mengantarkan adik-adik sekalian mandiri adalah dengan menanamkan kecintaan pada pramuka sejak dini," kata Wabup Qosim bangga.
Tangis haru pun turut mewarnai lolosnya ketiga puluh regu terbaik ketingkat nasional.Terlihat mereka berpelukan dan menangis bahagia. Salah satu ketua tim dari SDN 1 Ronggojampi misalnya, Redo Agil Wijaya (11) tidak bisa menyembunyikan tangis bahagianya saat mengetahui timnya berhasil lolos ke tingkat nasional.
"Rasanya seneng banget bisa lolos ke tingkat nasional, kedepan kami bersama tim akan terus berlatih dan meningkatkan kedisiplinan supaya haislnya dapat memuaskan dan mengharumkan nama baik Pramuka Indonesia ke Amerika," ujarnya banga.
Asz/team/d2g

Post a comment