GRESIK - Sukses Bupati Dr. Sambari Halim Radianto dalam Pembangunan serta membentuk Kawasan Industri (KI) baru di Gresik menarik minat beberapa Kepala daerah di luar Gresik. Hal ini terbukti beberapa waktu terakhir banyak Pemerintahan diluar Gresik yang berkunjung ke Pemkab Gresik. "Banyak Pemkab luar Gresik yang tertarik untuk belajar dalam menarik investor serta membentuk kawasan industry baru" ujar Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono Jum'at (07-10-2016).  
Seperti halnya Bupati Temanggung-Jawa tengah HM. Bambang Sukarno yang mengajak serta jajaran Pemerintahan serta Forkopimda Pemkab Temanggung Jawa Tengah untuk belajar membentuk Kawasan Industri di daerahnya. "Kami kesini untuk belajar kepada Pak Sambari untuk membuat Kawasan Industri di Temanggung. Kami juga mengajak semua Kepala SKPD yang bersinggungan dengan Investasi. " Ujar Bambang Sukarno kepada Sambari saat diterima oleh di Ruang Graita Eka Praja Kamis Sore Kemarin.
Bambang Sukarno mengaku bahwa wilayah Kabupaten Temanggung berada di Pegunungan di Jawa Tengah. "Terus terang di Temanggung belum ada Kawasan Industri, yang ada hanya kawasan Peruntukan Industri (KPI). Untuk itu saya datang kesini, Bagaimana cara menarik investor agar KPI tersebut bisa segera menjadi KI" jelasnya serius kepada Sambari.
Menurut Bambang Sukarno, selain pertanian padi Kabupaten Temanggung juga punya produk unggulan pertanian lain yaitu tembakau. Tapi Bambang mengaku bahwa pihaknya masih harus banyak belajar kepada Bupati Gresik untuk menarik investor serta membentuk kawasan industry seperti di Gresik dengan tujuan untuk memajukan masyarakat Temanggung. Dari perbandingan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2016, Temanggung masih berada di kisaran Rp. 1.313.000,- dibanding Gresik yang Rp. 3.042.500.          
Mendengar permintaan rekannya Bupati Temanggung, Sambari menjelaskan beberapa hal yang terkait Investasi, Kawasan Industri dan Java Intregrated Industrial And Ports Estate (JIIPE). Menurut Sambari, saat ini JIIPE seluas 2625 hektar sudah siap untuk menampung investor. "Sampai saat ini sudah 400 hektar lahan yang sudah dilunasi pajaknya. Kami yakin seiring beberapa pembangunan yang kami laksanakan untuk mempersiapkan infrastruktur untuk JIIPE ini, maka akan banyak investor yang berbondong-bondong masuk" tambah Sambari.
Beberapa hal lain yang disampaikan dan dijelaskan Bupati Sambari yaitu beberapa pembangunan prestisius yang sudah dilaksanakan. "Kami sudah membangun Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP), Gelora Joko Samudro (GJS) serta Bendung Gerak Sembayat (BGS) dan  Java Intregrated Industrial And Ports Estate (JIIPE). Kami yakin kalau semua Pembangunan itu sudah berfungsi seperti yang direncanakan, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gresik" tandasnya.
Arz/team/d2g

Post a comment