GRESIK - Di Kabupaten Gresik ada sekitar 125 lembaga swadaya masyarakat (LSM) namun yang aktif sekitar 90 lembaga, kami berharap bagi yang tidak aktif, secepatnya mendaftarkan diri ke Kantor Kesbanglinmas untuk mendapatkan Surat keterangan terdaftar (SKT), karena surat tersebut sangat penting untuk pembinaan, dan pengarahan termasuk pelaporan setiap tahunnya bisa kita kaji.

Mengingat LSM dan Ormas merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan. Dan fungsi Pemerintah Daerah yang dalam hal ini Kantor Kesbanglinmas hanya bersifat memfasilitasi, termasuk ada kejadian unjuk rasa atau demo.  demikian disampaikan Kepala Kantor Kesbanglinmas, agus ashari  pada acara sosialisasi Lembaga sosial Masyarakat (LSM) dan Organisasi masyarakat (Ormas) se Kabupaten Gresik, yang dilaksanakan di gedung Putri mijil,

Beliau menjelaskan bahwa LSM bukan musuh Pemerintah, tapi LSM merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan, dimana peran LSM dan ormas diharapkan bisa memberikan masukan-masukan atau usulan yang bermanfaat kepada Pemerintah dalam pelaksanaan perencanaan,  pelaksanaan bahkan kontrol dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Daerah.

Sehingga pembangunan nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Adapun tujuan dilaksanakan sosialisasi yaitu untuk meningkatkan kesamaan persepsi LSM dan Ormas sehingga tidak timbul perbedaan persepsi di lapangan.

Sosialisasi LSM dan Ormas se Kabupaten Gresik di ikuti sekitar 270 orang dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan Organisasi masyarakat (ORMAS) se Kabupetn Gresik, dengan menghadirkan narasumber dari  kesbanglinmas Provinsi jawa Timur, Jonathan.

Arz/team/d2g

Post a Comment