​​​​​​​​
GRESIK - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0817 Gresik dan didukung oleh pemerintah kabupaten Gresik yang dilaksanakan di desa Ngabetan kecamatan Cerme Gresik telah sukses terlaksana. 

Hal tersebut sesuai dengan yang ditargetkan oleh Kodim 0817 yang dimulai sejak tanggal 20 September 2016 dan berakhir pada tanggal 19 Oktober 2016 dan mendapat suntikan dana dari pemkab Gresik senilai Rp. 2 miliar.

Berbagai macam insfrastruktur fisik juga berhasil dibangun, diantaranya pendalaman waduk desa ngabetan, pembangunan tanggul, pembangunan irigasi sekunder, pembangunan jaringan irigasi peningkatan usaha tani, renovasi musholla, pembangunan gapura batas desa dan pembuatan MCK.


Selain itu, program TMMD yang diprakarsai oleh Kodim 0817 Gresik dan didukung oleh pemkab Gresik yang berakhir sukses tersebut juga melakukan pembangunan non fisik, diantaranya adalah melakukan berbagai penyuluhan. Penyuluhan tersebut meliputi penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan KDRT, penyuluhan PKK.

Bupati Gresik Dr. Ir. Sambari Halim Radianto sangat mengapresiasi program TMMD yang sudah eksis sejak tahun 1980an tersebut, yang dulunya bernama 'Program ABRI Masuk Desa'. Hingga saat ini program TMMD selalu menjadi kebutuhan di setiap daerah, karena  manfaatnya bagi masyarakat begitu besar. Kegiatan TMMD tersebut merupakan kegiatan lintas sectoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah, Kemeterian, Lembaga Pemerintahan non kementerian dan masyarakat.

Berakhirnya program TMMD tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah penutupan TMMD oleh Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol. Arm. Hendro Setyadi dan Wakil Bupati Gresik dalam suatu upacara yang diadakan di halaman pemkab Gresik, Rabu (19-10-2016).Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman.

Dalam sambutan tertulisnya Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD yang dibacakan oleh Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman mengatakan TMMD ke-97 Tahun 2016 ini, sebanyak 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar diberbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi dan pengaspalan jalan, pemasangan paving dan pengerasan jalan/rabat beton/makadam.

"Namun di Gresik, program TMMD yang dilaksanakan sesuai dengan program yang diagendakan oleh Kodim 0817 Gresik terkait pendalaman waduk, pembangunan tanggul, pembangunan jaringan irigasi usaha tani, renovasi musholla, pembangunan gapura batas desa dan pembuatan MCK," jelas Kasad Jenderal Mulyono dalam sambutan tertulisnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono berharap adanya upaya untuk menjaga dan memelihara segala insfrastruktur yang telah dibangun melalui program TMMD tersebut, supaya manfaatnya terus dirasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat desa Ngabetan Cerme Gresik.


Arz/Team/d2g

Post a comment