GRESIK infojatim.com - Tak kurang dari 1500 orang dengan memakai kostum pahlawan perjuangan memadati lapangan desa Lowayu kecamatan Dukun, Gresik, Minggu pagi (05/11/2017). Mereka adalah para pesepeda yang antusias mengikuti acara bersepeda bersama yang dihelat dalam kegiatan Adventure Bike 2017.

Para pesepeda tersebut berasal dari berbakai kalangan masyarakat umum serta pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar hingga SLTA. Mereka berbaur menjadi satu bersama Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto bersama Kapolres Gresik AKBP. Boro Windu Danandito, Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol. Kav. Widodo Pujianto  dan melaksanakan nggowes bareng menempuh jarak kurang lebih 15 km.

Menurut Kabag Humas dan Protokol pemkab Gresik Suyono, acara ini dimaksudkan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-89 tahun 2017 sekaligus menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November mendatang.

Suyono juga mengungkapkan bahwa Bupati Sambari dan Forkopimda tersebut ikut bersepda dan melalui rute pedesaan.

"Ini baru pertama kali dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik, yakni bersepeda menelusuri desa-desa dan menempuh jarak hingga 15 kilometer. Dan pak Bupati serta forkopimda ikut bersama masyarakat menelusuri desa-desa," ujar Suyono.

Rute yang dilalui para peserta adalah dimulai dari Lapangan desa Lowayu, menuju desa Sukodono, kearah desa Serah, lalu menuju desa Sorowiti dan keluar jalan Deandless. Lalu para pesepeda tersebut memasuki dusun Panceng hingga finish di pantai Dalegan kecamatan Panceng, Gresik.

Meskipun hari Minggu merupakan waktu berkumpul bersama keluarga, namun Bupati Sambari mengaku senang lantaran bisa menyempatkan diri berolahraga bersama masyarakat.

"Bersepeda adalah salah satu olahraga yang murah meriah dan siapapun bisa melakukannya, maka dari itu, saya sangat senang bisa berkumpul masyarakat dan melakukan olahraga bersama seperti saat ini," kata Bupati Sambari di tengah kerumunan masyarakat.

Bupati menambahkan, bahwa pemerintah kabupaten Gresik bersama forkopimda tak henti-hentinya mengkampanyekan pola hidup sehat kepada masyarakat. Termasuk didalamnya adalah melakukan olahraga. "Tentunya lebih menyenangkan apabila olahraga dilakukan secara bersama-sama seperti ini," kata pungkasnya.
Tak hanya itu, kegiatan olahraga seperti ini, menurut Bupati Sambari juga merupakan upaya Pemerintah untuk menunjukkan bahwa Gresik adalah kabupaten sehat.

Pernyataan Bupati Sambari tersebut juga diamine oleh wakil bupati Dr. H. Moh. Qosim. Menurut Wabup, melalui olahraga seperti ini adalah upaya untuk menyehatkan badan agar terhindar dari berbagai penyakit, juga sekaligus sebagai ajang silaturrahmi antara pemerintah dan masyarakat.

Wabup Qosim berharap, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan. Agar silaturrahmi yang terjalin selama ini dapat terus berlangsung dengan baik. "Semoga saja kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan," harap Wabup.

Usai tiba di tempat finish, para peserta adventure bike, para peserta disuguhi dengan berbagai macam doorprice menarik dan hadiah utama adalah satu unit motor yang diberikan kepada peserta yang beruntung.


ARZ Team

Post a Comment