GRESIK infojatim.com - Semalam Gresik telah memilih Cak Rizky dan Yuk Rizka sebagai Duta Wisata Gresik tahun 2017. Meski Cak Rizky dan Yuk Rizka menempuh pendidikan yang sama di Universitas Airlangga Surabaya. Namun keduanya berasal dari kecamatan yang berbeda. Cak Rizky Agus Parjiono berasal dari Wilayah Kecamatan Dryorejo, sedangkan Yuk Rizka Para Nabilah berasal dari kecamatan Manyar Gresik.

Semalam di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) II di Jalan Jaksa Agus Suprapto Sabtu (11/10) malam, keduanya telah dinobatkan sebagai pemenang duta wisata Gresik 2017. Penobatan sebagai Cak Yuk Gresik 2017 ini diberikan oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim.

Suatu kebahagiaan bagi Cak Rizky dan Yuk Rizka setelah dinobatkan sebagai Cak Yuk Gresik 2017. Betapa tidak, keduanya terpilih setelah menyisihkan 206 peserta lain se Kabupaten Gresik. Pada malam final ini, keduanya juga telah menyisihkan 15 pasang finalis yang lain.

Agenda perjalanan menuju juara memang panjang. Sejak awal mendaftar pada bulan Sepetember 2017 sampai hari ini, sekitar 70 hari waktu tersita untuk kontes ini. Hal ini sempat menjadi perhatian Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto saat menyampaikan sambutan.

"Kami berharap dengan waktu yang panjang ini, maka para peserta duta wisata ini bisa betul-betul mendapat ilmu yang bermanfaat untuk bekal hidupnya. Jangan sampai setalah waktu belajarnya terganggu, tapi dia tidak dapat manfaat," tegas Sambari.

Bupati juga meminta kepada panitia, pada penyelenggaraan selanjutnya agar lebih ada perbaikan peningkatan materi. Kurikulum diperbaiki dan harus ada silabus. Agar penampilan peserta terlihat lebih cerdas dan bagus ditonton.

Wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim yang ikut mendampingi mengatakan, dengan adanya pemilihan duta wisata ini saya berharap pariwisata di Gresik bisa lebih maju dan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat.

Akhirnya Bupati dan Wakil Bupati Gresik menyampaikan selamat kepada finalis yang telah berjuang sehingga mereka terpilih untuk tampil malam ini.

Selain Cak Rizky dan Yuk Rizka, ada pemenang lain yang yaitu pemenang Wakil I yaitu Cak Andre Septia Pratama dan Yuk Daris An Naudah. Pemenang Wakil II Cak M. Rum Fajar dan Yuk Rheina Nevada Putri. Pemenang Harapan I Cak Try Yoga Robby dan Yuk Nilla Agustin dan Harapan II Cak Isfan Fajar Aulia dan Yuk Nur Farsah Meilina.

Panitia juga memilih juara kategori favorit yaitu Cak Cheva Nuruddin Rezqy Abdillah dan Yuk Rissa Dewi Anggraini. Kategori Inspiratif Cak Danis Danial dan Yuk Rinaldianti Rukmana. Kategori berbakat Cak M. Laksamana Mabruri dan Yuk Belia Natasyafira. Kategori Persahabatan Cak. M. Andria Novawan dan Yuk Rizki Maulidia Rahmawati.  

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menyatakan suasana penobatan malam itu tampak betul betul berbeda. Ekspresi kemeriahan sangat tertata sejak awal sampai akhir acara. Suguhan tarian selamat datang oleh 15 pasang finalis cak yuk 2017 dibawakan dengan semarak. Tarian yang bertitel tari damar kurung itu menampilkan para pasangan cak yuk yang menyambut tamu dengan membawa damar kurung sebagai penerang.

Disini terlihat padu antara musik, koreografi maupun busana batik khas Gresik gajah mungkur sangat apik. Berbagai hal tentang Gresik diusung dan diramu dengan sangat cantik. Mulai dari suasana panggung, busana, musik, tarian, serta pernak-pernik lain yang mengusung perpaduan etnik Gresik dan modern. Sampai pada saat penobatan, penataan acara masih cantik dan jauh dari kesan formal.


ARZ Team

Post a Comment