GRESIK infojatim.com - Meskipun nampak sederhana, namun mengelola keuangan keluarga (rumah tangga) dalam praktiknya banyak sekali yang belum mampu mengelolanya dengan baik. Hal tersebut bukan soal besar atau kecilnya gaji yang diterima, melainkan bagaimana mengatur kebutuhan skala prioritas dan cara membelanjakan uang secara teraras sesuai dengan peruntukannya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto dihadapan Aparatur Sipil Negara (ASN) saat memberikan pembekalan terkait dengan manajemen pengelolaan keuangan keluarga di lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik yang dilaksanakan pagi tadi, Senin (13/11/2017) di ruang Argo Lengis kantor Bupati Gresik.

Sasaran dari kegiatan tersebut adalah wanita ASN yang mengatur segala alokasi anggaran dan belanja keluarga (rumah tangga). "Apabila pengelolaan anggaran keluarga (rumah tangga) ini tidak dikelola dengan baik maka melahirkan keluarga yang gali lobang-tutup lobang. Hidup selalu kurang dan kurang lagi, meski pendapatan telah mengalami kenaikan," ujar Bupati Sambari.

Kendati demikian, Bupati mengatakan bahwa pelaksanaan ini sangat penting diikuti bagi para wanita ASN yang memiliki peran sangat penting dalam mengelola anggaran di dalam rumah tangga. "Kami berharap kegiatan ini dapat diikuti sebaik mungkin, agar kemampuan Aparatur Sipil Negara semakin meningkat dalam mengelola keuangan keluarganya dengan baik," imbuh Bupati.

"Ibu-ibu sekalian harus pintar merencanakan pengeluaran dan pengelolaan anggaran dengan membuat neraca terkait berapa besaran kebutuhan yang direncanakan dan berapa penghasilan yang didapat. Apakah mumpuni sehingga dapat melakukang saving atau justru malah sebaliknya," pungkas Bupati.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut Bupati Sambari berharap dapat memberi dampak positif terhadap peningkatan kinerja dalaam menjalankan tugasnya pada instansi masing-masing.

Hadir dalam acara pembukaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Drs. Kng. Djoko Sulistio Hadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfah Sambari, Ketua GOW Kabupaten Gresik Hj. Zumrotus Sholihah Qosim, Ketua Dharma Wanita Persatuan kabupaten Gresik Ning Esthi Djoko serta menghadirkan seorang narasumber Imam Supriyono. 


ARZ Team

Post a comment