GRESIK infojatim.com - Ada perasaan haru bercampur hentakan rasa nasionalis ketika satu persatu anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) mencium bendera pusaka.

Diiringi lagu Syukur dan bagimu negeri, 75 orang paskibraka mencium bendera yang akan dikibarkan pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73. Diawali oleh Aisyah Diva Cahyani siswi kelas XI Jurusan Bahasa SMA Negeri I Kebomas selaku pimpinan Paskibraka. Kemudian satu persatu anggota Paskibraka yang lain ikut mencium.

"Bersumpah dan Berjanjilah bahwa anda akan melaksanakan tugas mulia sebagai pengibar bendera merah putih dengan rasa tulus dan ikhlas" ujar Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto usai mengukuhkan 75 orang anggota Paskibraka di Ruang Mandala Bakti Praja, Selasa (15/8/2018) sore.

Sambari yang saat itu didampingi Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim serta disaksikan oleh anggota Forkopimda dan Kepala OPD se Kabupaten Gresik menyampaikan rasa bangga kepada para anggota Paskibraka yang sudah melaksanakan tugas latihan sejak seleksi awal beberapa bulan yang lalu.

"Anda adalah orang yang terpilih. Dari ribuan siswa SMA dan SMK se Kabupaten Gresik. Andalah yang bisa mewakili mereka untuk mengibarkan bendera pusaka saat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73 kali ini." Katanya.

Bupati juga meminta kepada para anggota Paskibraka agar sampai pelaksanaan upacara nanti untuk sementara tidak membuka gadget (handphone).

"Kepada para panitia untuk mengawasi langsung para anggota paskibraka ini saat ada di karantina. Yang penting jaga diri baik-baik dengan makan dan istirahat yang cukup. Pergunakanlah waktu tidur anda sebaik-baiknya" katanya.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jairrudin kepada kabag Humas Pemkab Gresik Sutrisno mengatakan, para anggota Paskibraka kali ini berasal dari seluruh SMA dan SMK se Kabupaten Gresik.

"Mereka diseleksi sejak bulan Juni lalu, yang pada waktu itu sebelum seleksi jumlahnya hampir empat ratus siswa. Sampai akhirnya mendapat siswa terseleksi sebanyak tujuh puluh lima siswa. Selain di karantina selama beberapa hari terakhir ini, mereka sudah menjalani latihan secara terus menerus selama dua bulan penuh" katanya.


ARZ Team

Post a Comment