GRESIK infojatim.com - Upacara penghelatan HUT RI ke 73, dilaksanakan di halaman Pemkab Gresik Jumat (17/8) siang. Paskibraka Gresik melakukan inovasi  dengan formasi barisan membentuk angka 73. Inovasi ini mendapat apresiasi Bupati Gresik.

Diterangkan pelatih Paskibraka kabupaten Gresik, Mayor Sersan Tri Pitono bahwa inovasi ini mepakan pertama kalinya. "kita berikan sesuatu yang berbeda di HUT RI ke 73," kata pelatih paskibraka Sersan Mayor tripitono yang juga Babinsa Koramil Driyorejo.

Sersan mayor Tri Pitono menjelaskan di HUT RI ke 73 ini sengaja merubah formasi, salah satunya untuk pembeda di tahun sebelumnya. "Kita ingin berbeda meskipun upacaranya selalu di setiap tahun," katanya

Dijelaskan detail formasi 73 terdiri dari 7 di kanan dan 3 di kiri sehingga dilihat dari atas terlihat jelas formasi yang dibentuk paskibraka. "Ditahun kemarin hanya sebaris, bahkan di setiap tahun selalu begitu," tuturnya.

Dari hasil formasi yang diciptakan sebetulnya cukup rumit, dan perlu banyak pergerakan. Sehingga anggota paskibraka perlu fokus dan tingkat tinggi. "Ya memang cukup rumit, tapi hasilnya anak-anak bisa melakukan dengan baik," jelasnya.

Adapun latihan yang dilakukan juga cukup singkat,  sejak tanggal 1-17 dan dikatakan hanya 17 hari untuk melakukan persiapan. "Kita hanya latihan 17 hari mulai latihan dasar lagu semangat dan formasi yang dibentuk," ucapnya.

Dan dari 17 hari latihan, anak-anak digembleng habis-habisan sesuai apa yang diharapkan ketika upacara 17 Agustus 2018. "Alhamdulillah, saya dan tim pelatih berusaha gembleng anggota demi berjalanya upacara yang khidmat," imbuhnya. 

Hasil dari formasi ini, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bangga, dan memberikan apresiasi. Seusai upacara Bupati Gresik beserta wakil bupati M. Qosim memberikan apresiasi dan menyalami sejumlah anggota. "Kita beri apresiasi, dan sangat bagus tidak ada yang salah terutama dengan formasi baru," pungkas Sambari Halim Radianto.


ARZ Team

Post a Comment