GRESIK infojatim.com - Sungguh meriah karnaval mobil hias dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Ke 73 RI yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik pada Jum'at (24/8/2018) sore. Sejak usai sholat Jum'at, masyarakat Gresik tampak antusias memenuhi sepanjang perjalanan mulai dari garis start yang berada di Halaman Kantor Bupati Gresik.

Acara karnaval dibuka dengan tarian yang berjudul Tari Kridaning Lengis dan Tari Masmudari tampak memukau penonton. Tarian kolosal yang dimainkan oleh sekitar 50 muda-mudi asuhan Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan Gresik ini tampak sangat atraktif.  

Setelah dibuka oleh Bupati, satu persatu mobil hias mulai berjalan. Ada dibagian terdepan rombongan biker dari kelompok Organisasi Gagak Ireng (Ogier), selanjutnya diikuti mobil peserta karnaval yang berjalan melalui dihadapan Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto beserta seluruh Anggota Forkopimda Gresik.

Ada 94 mobil hias yang berasal dari seluruh kecamatan, sekolah, Perusahaan, kelompok masyarakat serta berbagai elemen masyarajkat yang ada di Gresik.

Menurut Bupati Gresik, Karnaval kali ini adalah yang sangat berbeda dan terlihat lebih lengkap. Mobil yang dihias tampak mewakili kelompok masyarakat dan budaya di Gresik.

"Kami melihat sangat lengkat, tadi saya melihat beberapa mobil hias dari perusahaan yang mewakili perusahaannya. Mobil hias dari Instansi tampak juga mewakili Instansinya. Bahkan peserta mobil hias dari sekolah sangat mewakili karakter sekolah dan daerahnya. Hal ini seakan memberitahu informasi kepada masyarakat tentang produk dari perusahaan atau budaya dari daerah tersebut" ujar Sambari.

Tampak mobil hias dari perusahaan Jebekoko, Garudafood, Petrokimia, Smelting, Karunia Alam Segar, Gresik Migas, PDAM Gresik.

Dari Gresik Migas misalnya, Perusahaan ini menghias mobilnya dengan miniature metering gas, PDAM menghias mobil dengan Instalasi penjernihan air, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang menghias mobilnya dengan bangunan Gelora Joko Samudro lengkap dengan atlitnya.

Tak ketinggalan beberapa sekolah juga menghias sesuai karakter masing-masing. SMP Negeri Sangkapura dan Tambak menghias patung Rusa Bawean dan Kecamatan Bungah menghias mobil dengan hiasan Benteng Loodewijk di Mengare.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik terutama para peserta karnaval.

"Kami berharap untuk tahun yang akan datang akan lebih banyak peserta yang ikut dan lebih meriah. Kami akan menggabungkan peserta pameran tahun ini dengan tahun sebelumnya yang bertemakan perang" tandasnya.


ARZ Team

Post a Comment