Gresik, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 



Dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid - 19 telah dilaksanakan giat Visitasi Intervensi Kesehatan Lingkungan  oleh tim Kementrian Kesehatan Pusat dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) pusat yang bertempat di Balai Ds Sekar Gadung Kec Dukun Kab Gresik pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020 Pukul 10.30 s,d 12.00 WIB,  yang dihadiri sekitar 60 orang undangan dengan penanggung jawab Sdr Sya'i (Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia/HAKLI Kab. Gresik)


Hadir dalam agenda tersebut. sbb: 
1. Prof. Dr. Arif Sumantri, SKM. M. Kes (Ketua umum PP HAKLI Pusat)
2. Dr. Imam Khambali, MPPM (Ketua PD HAKLI Prop. Jatim)
3. dr. Agus Imron Nurali, Sp. KO (Dirjen kesehatan lingkungan) 
4. Abdul Malik Setyabudi (Tim kementrian kesehatan)
5. Agung Romadhon Purnomo (Tim kementrian kesehatan)
6. Sdri drg. Vitria Dewi, M.Si Kabis Kesmas Prop. Jatim)
7. Sholikhin, SKM (Tim Kes Prop. Jatim)
8. Sdri Anik Madyawati, ST (Tim Kes Prop. Jatim)
9. Sya'i (Ketua HAKLI Kab. Gresik)
10. drg. Syaffudin Ghozali (Kadis Kesehatan Kab. Gresik)
11. Muspika Dukun


* Sementara itu dalam  kegiatan oleh pengurus Ketua HAKLI Prop. Jatim kepada Ketua umum PP HAKLI Pusat. Selanjutnya di awali oleh Sdr Ikhsan Ahmadi (Kades Sekar Gadung) menyampaikan bahwa pada  intinya dengan mengucapkan 
a. Ucapan selamat datang dan terima kasih kepada ketua umum PP HAKLI Pusat, tim dari kementrian kesehatan dan tim kesehatan dari Prop. Jatim., Ujar, " Kades Sekar Gadung, ". 

b. Saya atas nama masyarakat Ds. Sekargadung saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada HAKLI yang selama ini sudah berjalan bersama dengan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahera, pengetahuan dibidang kesehatan lingkungan, sekali lagi saya mewakili pemerintah Ds. Sekar Gadung mengucapkan banyak terima kasih, " Ucapnya, " 

* Agenda yang dilanjutkan dengan penyerahan hasil intervensi pemberdayaan masyarakat 4 Kabupaten/Kota (Kab. Sidoarjo, Kota/Surabaya dan Pasuruan) Kepada Dirjen Kesehatan Lingkungan (masyarakat).

* Kadis Kesehatan Kab. Gresik juga menyampaikan bahwa 
a. Atas nama Pemerintah Kab. Gresik saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada dr. Agus Imron Nurali, Sp. KO (Dirjen kesehatan lingkungan) dan Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM. M. Kes (Ketua umum PP HAKLI Pusat) serta  drg. Vitria Dewi, M.Si Kabis Kesmas Prop. Jatim) beserta tim yang selama ini sudah berjalan bersama dengan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahera, pengetahuan dibidang kesehatan lingkungan, " Pungkas, " Kadis Kesehatan Kab Gresik. 

b. Kesehatan lingkungan sangat penting, karena mempunyai hubungan erat dengan kesejahteraan rakyat. Kita semua menyadari untuk hidup sehat, tentu didukung lingkungan yang sehat dan pola hidup yang baik.

c. Sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih kepada dr. Agus Imron Nurali, Sp. KO (Dirjen kesehatan lingkungan), . Prof. Dr. Arif Sumantri, SKM. M. Kes (Ketua umum PP HAKLI Pusat), Tim kementrian kesehatan,  drg. Vitria Dewi, M.Si Kabis Kesmas Prop. Jatim) dan Sdr Sya'i (Ketua HAKLI Kab. Gresik) semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua, " Imbuhnya, " 

*Lebih lanjut dikatakan oleh dr. Agus Imron Nurali, Sp. KO (Dirjen Kesehatan Lingakungan)  juga menyampaikan bahwa  
a. Ucapan terima kasih atas waktu yang telah diberikan dan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan yang telah hadir dalam acara Visitasi Intervensi Kesehatan Lingkungan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid 19, " Ujar, " Dirjen Kesehatan Lingakungan. 

b. Sanitarian di masa kini dan mendatang sangat dibutuhkan oleh bangsa kita mengingat perkembangan risiko kesehatan akibat perubahan lingkungan telah semakin luas yang mempengaruhi kesehatan lingkungan seperti bahan berbahan beracun Limbah B3, kontaminasi radiasi, pencemaran, keamanan pangan dan lain sebagainya, dan masa pandemi juga memberikan tantangan kepada kita, untuk dapat mengolah limbah medis dengan baik.

c. Bahwa faktor lingkungan yang dominan, mempengaruhi derajat kesehatan, selain faktor lainnya (perilaku, pelayanan kesehatan serta keturunan). Peran sanitarian sangat besar untuk mewujudkan derajat kesehatan, juga melakukan edukasi kepada masyarakat karena PL memberi kontribusi yang besar.

d. Para Sanitarian adalah garda terdepan dalam pemenuhan hak bangsa ini agar terwujudnya lingkungan yang sehat dan kekuatan sanitarian dalam mewujudkan baik dari sisi jumlah tetapi juga kualitasnya merupakan mitra pemerintah baik pusat daerah, dengan melakukan advokasi untuk mewujudkan hak masyarakat memperoleh lingkungan yang sehat, " Ucap beliaunya, " 

e. Kita harus mengedukasi masyarakat, untuk menjaga lingkungan kita didalam rumah maupun diluar rumah dan yang terdekat dengan kita agar tidak menjadi sarana untuk penularan Covid-19.


*Dilanjutkan dengan Pemberian cinderamata oleh Ketua HAKLI Kab. Gresik kepada Dirjen Kesehatan Lingakungan pusat. Dan Viditasi hasil kegiatan intervensi kesehatan lingkungan pilot projec kerjasama Kemenkes-HAKLI ke kelompok pembuat masker, sabun cair, sarana (CTPS), pelaksana disinfeksi Ds. Sekar Gadung.

* Giat Visitasi Intervensi Kesehatan Lingkungan selesai dan ditutup dengan pembacaan doa kemudian foto bersama dalam giat berjalan tertib dan aman.

* Kegiatan Visitasi Intervensi Kesehatan Lingkungan tersebut adalah untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik didalam rumah maupun diluar rumah serta lingkungan yang paling dekat dengan kita.

* Supaya lingkungan disekitar kita tidak menjadi sarana penularan Vovid-19. Sehingga masyarakat hidup sehat dan nyaman tinggal di lingkungannya.




Penulis Arifin S.Zakaria
(Pendiri Penangung Jawab Redaksi)

Post a comment