Gresik , infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 



Dalam rangka Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI  untuk mengetahui dampak Pandemi Covid 19 di Sektor Pendidikan, Pariwisata, Olahraga dan Industri UMKM yang  dilaksanakan di Durung Bawean kantor Pemerintahan kabupaten Gresik Jl.Dr Wahidin Sudirohusodo 245 Kec.Kebomas Kab.Gresik  pada hari Kamis ( 8/10/2020) , yang di hadiri oleh 20 Orang dengan penanggung jawab Drs. Abimanyu Iswinarno Poncoatmojo, MM (Pj Sekda Kab.Gresik)

Hadir dalam agenda Kunker tersebut  antara lain.: 
1. Drs. Abimanyu Iswinarno Poncoatmojo, MM (Pj Sekda Kab.Gresik)
2. Muhammad Nur Purnamasidi (Ketua Tim Komisi X DPR RI Dapil Jatim IV)
3. Rahmat Muhajirin, SH (Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jatim 1)
4. Rian Firmansyah, S.Pd (Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jabar II)
5. Debby Kurniawan, S.Kom (Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jatim X)
6. Rojih (Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jateng II)
7. Edi Hadisiswoyo, SH., MM (Kepala Inspektorat Kab. Gresik)
8. Mahin, S.Pd., M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Gresik)
9. Agustin Halomoan Sinaga, A.P., M.Si (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Gresik)
10. Dra. Nuri Mardiana, MM (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kab.Gresik)
11.  Dra. Malahatul Fardah, MM (Kepala Dinas PMD Kab.Gresik)
12. Dr. Siti Jaiyaroh, M.Pd (Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab.Gresik)
13. A.M Reza Pahlevi, A.P (Kabag Humas dan Protokoler Kab.Gresik)
14. Nurul Puspita Wardhani, S.STP (Kabag Pemerintahan Umum Kab.Gresik)

*Adapun kegiatan Kunker yang diawali dengan sambutan oleh Drs. Abimanyu Iswinarno Poncoatmojo, MM (Pj Sekda Kab. Gresik) bahwa dengan mengucapkan Selamat datang Komisi X DPR RI beserta rombongan di Kabupaten Gresik dalam rangka kunjungan kerja serta rencana peninjauan lokasi dan untuk mengetahui dampak Pandemi Covid - 19, " Ujar, " Pj Sekda Kab.Gresik. 

*Dan juga sambutan kedua yang disampaikan oleh Muhammad Nur Purnamasidi (Ketua Tim Komisi X DPR RI Dapil Jatim IV) bahwa dengan ucapan yang sama yaitu ucapan terima Kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Gresik yang sudah menerima dan menyambut kami beserta rombongan Komisi X DPR RI dengan begitu ramah," Ucap, " beliaunya. 

Dalam kunjungan kerja kali ini Kami dari Komisi X DPR RI ingin mendengar masukan dari Bidang Pendidikan, Pariwisata maupun Olahraga kendala apa saja yang dirasa dari dampak Covid 19. 

Serta pembenahan Industri pariwisata yang mengalami penurunan sangat signifikan, akibat pandemi Covid-19 memerlukan waktu yang cukup lama untuk kembali pulih. Semua elemen diminta bersinergi merumuskan kebijakan sekaligus membuat mitigasi atau menata kembali ruang industri wisata, setelah usai pandemi nanti, diharapkan dari semua elemen dapat untuk kerja sama yang baik untuk melawan  Covid -19 dan segera sirna dari permukaan bumi kita indonesia. 

Tak Terkecuali juga dunia Pendidikan kita juga terkena dampak tersebut maka bagaimanapun juga dunia pendidikan harus tetap berjalan dengan cara apapun baik daring jarak jauh dll. 

Dalam hal ini dilakukan Pemerintah agar dapat menekan angka penyebaran Covid 19 dan hal ini yang dapat saya utarakan selanjutnya mohon masukan apa kendala nya untuk nanti kita tindak lanjuti dalam rapat Komisi nantinya di DPR RI, " Ujar, "Muhammad Nur Purnamasidi. 

* Selanjutnya apa yang disampaikan oleh Agustin Halomoan Sinaga, A.P., M.Si (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Gresik) bahwa Kabupaten Gresik merupakan Kota Wali Kota Santri dilihat dari aspek Destinasi wisata Religi selain itu wisata di Kepulauan Bawean juga sementara mengalami penurunan kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara semua itu merupakan dampak dari Pandemi Covid - 19, " Pungkas, " Kep Disparbud Kab.Gresik. 

Pandemi COVID-19 juga berdampak terhadap sektor pendapatan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, anjloknya pendapatan tempat wisata religi tak lepas dari penutupan kedua makam tersebut, akibat wabah COVID-19. Kami belum bisa berandai-andai target itu bisa kami penuhi atau tidak. Masih melihat perkembangan COVID-19

Dari sisi Pariwisata yang ada kepulauan Bawean merupakan Bali nya Jawa timur kendala kita ada di transportasi penyeberangan yang masih minim oleh karena perlunya dukungan sarana maupun prasarana untuk menaikkan angka pengunjung di destinasi wisata yang ada di Kepulauan Bawean

* Masih dalam agenda Kunker tersebut,  juga Penyampaian oleh Dra. Nuri Mardiana, MM (Ka Dispora Kab.Gresik) bahwa Mengenai jenjang pembinaan prestasi sarana prasarana dan venue baik tingkat nasional maupun untuk Internasional membutuhkan bantuan operasional serta bantuan dukungan untuk atlet atlet dari Kab. Gresik yang sudah punya prestasi ditingkat nasional maupun Internasional, " Pungkas, " Ka Dispora Kab.Gresik. " 

Perlu kejelasan atlet dari siswa yang masih bersekolah perlu dibicarakan dalam model yang tepat agar prestasi olahraga berjalan dengan baik dan prestasi dalam sekolah berjalan lebih juga. Program program kepemudaan dalam regulasi yang ada di tahun 2020 dan tahun tahun berikutnya bahwa pemuda masih punya potensi yang baik perlu dituangkan dalam regulasi tersebut

* Kepala Dinas Pendidikan Kab.Gresik ( Mahin S.Pd,K.Pd) juga menyampaikan bahwa Dalam masa Pandemi perlu diketahui terkait dengan pembelajaran dilakukan dengan beberapa metode baik dengan daring maupun jarak jauh dalam hal ini masih terkendala Infrastruktur yang belum merata, " Imbuh, " Kepala Dinas Pendidikan Kab.Gresik. 

Terkait pembelajaran dengan Daring tidak semua Guru masih belum seratus persen paham IT kemudian untuk siswa kendala jaringan. Kebijakan merdeka belajar sangat mendukung sekali dimasa Pandemi sebab siswa tidak dibebani dengan ujian Nasional namun fokus dengan pembelajarannya sehari hari 

Terkait program PIP sudah tersalur 79,4 % dan terkait pelaksanaan PPDB terima kasih dengan pemerintah daerah sangat didukung maka dalam 3 tahun berjalan pelaksanaan sistem zonasi berjalan dengan baik namun ada kendala tingkat SMP mohon untuk Bapak Bapak Komisi X untuk di dibantu dari segi anggaran yang masih belum terpenuhi

Sistem penerimaan tunjangan profesi guru dan perlunya peningkatan mutu sekolah tingkat dasar perlu fasilitas penunjang sarana prasarana maupun Infrastruktur

*Terkait  Perpustakaan dan Arsip Kab Gresik juga disampaikan oleh  Dr. Siti Jaiyaroh, M.Pd ( Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab Gresik)  bahwa Banyak hal yang sudah dilaksanakan sesuai Program dalam mendukung Pemerintah Daerah kami sudah mengembangkan perpustakaan desa dengan basis literasi sebab untuk membangun perpustakaan Desa belum ada sumbernya dan tidak ada DAK nya, " Ucap, " Dr Siti Jaiyaroh M.Pd. 

Agenda Kunker  yang dilanjutkan dengan Pemberian Cinderamata dari Pemerintah Kab. Gresik kepada Ketua Komisi X DPR RI dan Pemberian Bantuan Buku Perpustakaan dari Kementrian Pendidikan Kepada Pemerintah Kab. Gresik, 

*Komisi X DPR RI beserta rombongan selanjutnya menuju ke Dsn Ngebret Ds Morowudi Kec. Cerme untuk meninjau Home Industri Makanan ringan dan UMKM Dsn Ngebret dengan melaksanakan peninjauan ke Home Industri Makanan Ringan dan UMKM Dsn Ngebret. 

Dari Komisi X DPR RI langsung melaksanakan Dialog dengan Warga Dsn Ngebret terkait dampak Covid 19 terhadap Home Industri dan UMKM. Dan dilanjutkan menuju ke Edu Wisata Lontar Sewu Ds Hendrosari Kec. Menganti yang di Sambut oleh Muspika Kec. Menganti dan 
Dialog dengan Kepala Desa Hendrosari dan Pengelola Edu Wisata Lontar Sewu dari dampak Pandemi Covid 19 yang mengakibatkan menurunnya pendapatan perekonomian. 

Dalam rangka  Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI beserta rombongan di Kabupaten Gresik berjalan aman dan lancar, harapan dari kita semua sebagai warga masyarakat  Ayo lawan Corona semoga untuk Covid - 19  segera hilang dan lenyap dari permukaan bumi kita tercinta Indonesia.. Sampai berita ini diturunkan, Jum.at ( 9/10/2020)  



Penulis: Arifin S.Zakaria 
( Pendiri penanggung jawab redaksi infojatim.com - gresiknews1.com group )

Post a comment