Bangkalan,-Kodim 0829/Bangkalan melalui Koramil 0829/11 Konang menyerahkan bantuan satu unit alat tanam padi (Rice Transplaster) kepada petani dari dua kelompok tani di Desa Capor, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Sabtu 19 Desember 2015.

Bantuan itu diserahkan Danramil 0829/11 Konang-Kodim 0829/Bangkalan, Kapten Chb Hasbollah dan dan Babinsa Serma Abd Kadir Jailani dan Kopda Abdus didampingi PPL dan Materi Pertanian setempat, yang diterima Ketua Kelompok Tani, Sujayat.

Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto SH, menyampaikan alat pertanian alat tanam padi (Rice Transplaster) tersebut merupakan bantuan pemerintah kepada Dinas Pertanian dalam mendukung program swasembada pangan di wilayah Bangkalan. "Sementara ini sudah satu unit yang disalurkan, sesuai jumlah kelompok tani di wilayah," terangnya.

Selanjutnya Dandim 0829/Bangkalan, mengharapkan kepada kelompok tani yang menerima alat pertanian tersebut agar menggunakannya sebaik-baiknya dan melakukan perawatan agar bisa maksimal digunakan mengingat jumlah hand traktor bantuan sangat terbatas. "Pengalaman sebelumnya di daerah lain, bantuan yang diberikan tidak terawat dan cepat rusak," imbuh Letkol Inf Sunardi Istanto SH.

Menurutnya, keberadaan alat tanam padi (Rice Transplaster) ini bisa membantu para petani bekerja maksimal tanpa harus menunggu sampai satu minggu penanaman. "Selama ini para petani membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk menanam di lahan 1 hektare. Tapi yang dihasilkan tidak akan rata dan bibit busuk karena terlalu lama. Dengan adanya alat pertanian yang dibagikan ini, penanaman padi oleh petani dapat lebih maksimal," pungkas Dandim 0829/Bangkalan.

Post a comment