Surabaya, - Koramil 0830/03 Pabean Cantian jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara, bersama masyarakat membangun jamban untuk warga Kelurahan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya untuk mengatasi masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan. Selasa 22 Desember 2015.

Komandan Koramil (Danramil) 0830/03 Pabean Cantian Mayor Suwadi,  mengatakan pembangunan jamban merupakan aplikasi kegiatan Serbuan Teritorial Semester II yakni dalam program pembangunan satu juta jamban di beberapa wilayah yang diperuntukan bagi masyarakat yang belum memiliki sarana mandi cuci dan kakus (MCK).

"Kegiatan itu merupakan salah satu program Serbuan Teritorial Semester II yaitu pembangunan sejuta jamban di beberapa lokasi di Pabean Cantain dan yang lainnya," katanya.

Titik-titik pembangunan jamban difokuskan pada rumah-rumah penduduk yang belum memiliki jamban ataupun rumah penduduk yang jambannya belum memenuhi syarat kesehatan.

"Dengan adanya pembangunan jamban itu diharapkan dapat membantu warga masyarakat yang kurang mampu sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Ini juga sebagai wujud kepedulian Kodim 0830/Surabaya Utara melalui Koramil 0830/03 Pabean Cantian kepada rakyat tentang kebersihan dan kesehatan," katanya. 

Untuk itu, kata dia, diharapkan masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) penyebaran berbagai penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang sehingga akan semakin meningkatkan produktifitas dan kualitas sumber daya manusia Kota Surabaya.

"Kegiatan itu juga mendapat sambutan yang antusias dan positif dari masyarakat setempat terlihat dari ke ikut sertaan masyarakat dalam pembangunan pembuatan jamban," kata Mayor Suwadi.

Sementara itu, seorang warga, Solikin (45) sangat berterimakasih kepada Koramil 0830/03 Pabean Cantian terutama Babinsa Nyamplungan, Serda Rois dalam bantuan pembangunan jamban/MCK di wilayahnya.

"Semoga dengan bantuan ini dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat," katanya.

Post a Comment