GRESIK - Sebanyak 6 sekolah di Kabupaten Gresik menerima penghargaan Anugerah Ujian Nasional (UN) Berintegritas. Penghargaan yang identik sebagai Ujian Nasional Jujur diterimakan kepada 6 Kepala Sekolah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan disaksikan Mendikbud Anis Baswedan, di Istana Negara, Senin pekan lalu.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Mahin kepada kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono pada Minggu, (27/12/2015) "Enam sekolah yang mendapat penghargaan tersebut semuanya sekolah negeri" katanya melalui kabag Humas.

Sekolah penerima penghargaan Anugerah UN berintegritas yaitu masing-masing untuk tingkat SMTA yaitu SMA Negeri 1 Gresik dan SMK Negeri 1 Cerme. Sedangkan tingkat SMTP yaitu SMP Negeri 1 Gresik, SMP Negeri 2 Gresik, SMP Negeri 3 Gresik dan SMP Negeri 1 Driyorejo.

Pihak Kadiknas Gresik memberikan apresiasi kepada lembaga sekolah yang menerima penghargaan karena telah melaksanakan UN dengan jujur. "Kami bersyukur atas capaian ini, semoga penghargaan ini dapat memberikan motifasi kepada sekolah lain untuk juga menciptakan UN yang berintegritas. Kami yakin tahun depan makin banyak sekolah di Gresik yang bakal menerima penghargaan ini," ungkapnya.

Mengutip pernyataan Mendikbud RI Anis Baswedan, ada 503 sekolah se Indonesia yang dipilih berdasarkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) yang berhasil dipertahankan selama 6 tahun berturut-turut dengan nilai antara 92 sampai 99. Mendikbud Anies Baswedan kemudian menyatakan, bukan berarti yang berintegritas hanya 503 ini saja tetapi ada puluhan ribu yang lain.

Sesuai arahan Mendiknas, nantinya seluruh sekolah yang berintegritas akan dipasangi plang. Maka masyarakat akan dapat mengetahui sekolah mana saja yang integritasnya tinggi dengan prestasi yang tinggi pula. Ungkap Mahin menindaklanjuti pernyataan mendiknas Anis Baswedan. Arifin SZ / Team

Post a Comment