BANGKALAN - Sehubungan telah mulai dilakukannya penanaman bibit padi oleh para petani di sejumlah lahan sawah di Desa Basanah, Kecamatan Tanah Merah, beberapa anggota TNI Koramil Tanah Merah membantu dan melakukan pendampingan kepada mereka melakukan penanaman tersebut.

Pendampingan oleh anggota TNI itu guna meringankan petani dalam melakukan masa labuh atau mulai menanam padi. Setelah dalam beberapa hari terakhir ini, lahan persawahan di Desa Basanah, Kecamatan Tanah Merah diguyur hujan.

Senin 28 Desember 2015 Salah seorang anggota Koramil Tanah Merah Serda Sunarno mengatakan, pihaknya hanya membantu petani yang tengah melakukan tanam padi tersebut.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI kepada para petani, apalagi pemerintah telah mencanangkan program swasembada pangan. Sehingga kami terjun langsung membantu mereka untuk mencapai tujuan itu," jelasnya.

Dikatakannya, selama hampir enam bulan di wilayah Kabupaten Bangkalan tidak hujan, sehingga guyuran hujan mulai beberapa waktu lalu dimanfaatkan  petani di Desa Basanah, Kecamatan Tanah Merah untuk melakukan tanam padi.

"Meski begitu, sebenarnya di Desa Basanah, Kecamatan Tanah Merah ini, lahan sawah tidak terlalu bergantung pada hujan. Sebab terdapat pengairan irigasi teknis. Namun, selama ini air dari irigasi tersebut tidak terlalu memadai," terangnya

( pendam5brwjaya ) ArifinSZ/ Team 

Post a comment