Surabaya-Pembinaan mental guna mewujudkan generasi penerus yang disiplin dan berkarakter tangguh terus diupayakan oleh personel TNI-AD di jajaran.

 

Seperti yang dilakukan jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara melaksanakan kegiatan Saka Wira Kartika yang diikuti perwakilan siswa-siswi SMP binaan seluruh Koramil Kodim 0830/Surabaya Utara.   Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari tanggal 19 s.d 20 Desember 2015 yang bertempat di TPI (Tempat Pelelangan Ikan ) Benowo, Kota Surabaya, Sabtu 19 Desember 2015.

 

Kegiatan tersebut mengambil tema : "Melalui Pembinaan Kepramukan Sakawira Kartika Kita Wujudkan Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan Guna Tetap Terjaganya Persatuan Dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia",.

Dalam kesempatan tersebut, Sambutan Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Ahmad Fikri Musmar, melalui Danramil 0830/06 Benowo Mayor Arm Sugianta sebagai Inspektur upacara pembukaan menyampaikan "Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan wadah dan sarana untuk mengembangkan kemampuan diri yang kreatif dan inovatif, mencetak kader-kader bangsa yang berkualitas, berkarakter, disiplin berwawasan kebangsaan patriotik dan terpatri rasa cinta tanah air serta memiliki semangat mempertahankan NKRI", jelasnya.

Sedangkan perwakilan jumlah peserta yang ikut di kegiatan ada 115 orang, terdiri dari : Perwakilan Koramil 0830/01 sebanyak 15 orang siswa-siswi, Perwakilan Koramil oramil 0830/02  sebanyak 15 orang, Perwakilan Koramil 0830/03 sebanyak15 orang, Perwakilan Koramil 0830/04 sebanyak 15 orang, Perwakilan Koramil 0830/05 sebanyak15 orang dan Perwakilan Koramil 0830/06 sebanyak 40 orang.

 

Di sela kediatan, Komandan Koramil 0830/06 Benowo Mayor Arm Sugianta selaku Pembina Saka Wira Kartika, menyampaikan, dalam kegiatan tersebut akan diberikan beberapa materi ke para peserta diantaranya pertolongangan pertama di lapangan (Longmalap), pioneering, navigasi darat, montenering, survival, penanggulangan bencana", jelasnya

 

"selain itu, nantinya kita adakan lintas alam sejauh 10 Kilometer, renungan malam dan beberapa materi kegiatan lainnya yang akan kita sajikan untuk membentuk karakter yang tangguh dan handal bagi peserta,"terang Danramil.

 

Andrik Lesmana, salah satu peserta mengaku sangat antusias saat mengikuti kegiatan itu.  Menurutnya, beberapa wawasan maupun pembelajaran yang diberikan oleh Babinsa Koramil Pragaan sangat berarti dan bermanfaat bagi dirinya.

 

"senang sekali rasanya mas, apalagi permainan ini langsung berhubungan dengan alam bebas,"ungkap Andrik.

 

Ia menambahkan. Dalam kegiatan tersebut, ia mendapatkan suatu wawasan maupun pembelajaran betapa pentingnya untuk mencintai alam yang berada di sekitarnya. "kita diajarkan untuk mencintai sekaligus merawat alam di sekitar kita,"imbuh Andrik.

Post a Comment