Dalam Kitab Nashoihul 'ibad Bab Tisa'i pada maqolah ke 3, bahwa Umar r.a berkata : "Sesungguhnya keturunan setan/ iblis ada 9 :

1.Zallaithun, ia bertugas mengggoda manusia di pasar-pasar, ia selalu mengibarkan panji-panjinya.
Tugas utamanya adalah mengajak manusia terutama para pedagang di pasar agar gemar nggedabrus/ banyak omong, bersumpah palsu, memuji dagangan sendiri dan mencacat dagangan orang lain dan mengurangi takaran atau timbangan.

2.Watsin, dia adalah setan yang mengelola bencana/ menggoda ashaabul musibah, tugas utamanya adalah menggoda korban agar berteriak-teriak, memukul-mukul diri sendiri dan sebagainya yang dilarang oleh agama.

3.A'wan, ia bertugas untuk menggoda para pejabat agar berbuat dzolim.

4.Haffaf, ia bertugas menggoda manusia agar mencicipi nikmatnya Miras dan Narkoba, sehingga menjadi pemabuk.

5.      Murrah, bertugas agar manusia gemar bermain seruling, alat musik dan alat-alat malahy lainnya.
6.       Laqous/ Laqis,  bertugas menggoda orang majusi

Sebagian ulama mengatakan Laqous Murrah dan Haffaf, tidak ada, 3 pengganti mereka adalah :
a.A'war, yaitu setan yang bertugas menggoda manusia agar terjerumus ke arah perzinahan. Ia berada di mata laki-laki agar melihat hal2 yang haram kemudian meniup lubang penis lelaki agar tegangannya selalu tinggi dan jika pada wanita ia berada di pantat/ pinggul agar wanita tersebut megal-megol bikin deg2an yang melihat
b.      Wasnan, ia bertugas menggoda orang tidur. Ia membebani kepala dan menarik pelupuk mata agar tetap tidur dan tidak bangun untuk mengerjakan shalat dan ibadah lainnya. Ia juga suka membangunkan orang tidur, diperintahkan untuk melakukan perbuatan jelek, ngintip zina dll.
c.       Abyadl, yaitu setan yang bertugas menggoda para Nabi dan para Wali. Nabi selamat dari godaan mereka, tapi para wali ada yang selamat ada pula yang terjebak dalam perangkapnya.

7.Mashout, ia bertugas menggoda manusia untuk menyampaikan berita bohong atau menambahi/ membumbui berita sehingga penerima berita tidak tahu lagi darimana sumber berita tersebut. Istilah orang jawa, emper dan rumah, panjang empernya, artinya ada modifikasi dan tambahan berita yang sangat over, padahal sesungguhnya berita tersebut aslinya sangat singkat.

8.Dasim, bertugas untuk menggoda rumah tangga manusia, sehingga isteri berani dan tidak taat pada suami. Ia kobarkan pertengkaran dalam rumah tangga, yang berakibat menjadi perceraian, khuluk, atau tamparan suami pada isteri.

Pendapat lain mengatakan bahwa Dasim adalah setan yang selalu menggoda agar manusia lupa pada Alloh ketika mengerjakan sesuatu, sehingga ia bisa ikut didalamnya, misalnya ; ia ikut memakan makanan bersama yang digodanya karena ia tidak membaca basmalah, ia juga memakai pakaian bersama, tidur bersama,.. lah yang nggilani ketika menjimak istri ... ia pun ikut bersama.
9.Walhan, ia bertugas menimbulkan was-was pada orang yang sedang wudlu, shalat atau ibadah lainnya.

Asz/team/d2g

Post a comment