GRESIK infojatim.com - Ratusan siswa sekolah dasar dan seribu masyarakat umum di sekitar kecamatan Sidayu melakukan pemeriksaan gigi dan pengobatan gigi secara gratis yang berlangsung di Alun-alun Sidayu, Gresik pada Sabtu pagi (04/11/2017).

Acara tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Gigi Terpadu PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Pengurus Wilayah Jawa Timur tahun 2017 yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim serta sejumlah jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan pemkab Gresik.

Tak kurang dari 250 tenaga medis dilibatkan dalam bakti social dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun 2017.

Gus Ipul mengatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut hendaknya jangan disepelehkan. Menurut hasil riset mencatat bahwa 97 % masyarakat di Jawa Timur telah memiliki kesadaran untuk menggosok gigi. Namun hanya ada 3 % masyarakat diantaranya yang menggosok gigi dengan benar atau setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.

"Oleh sebab itu, kami sangat setuju dengan diadakannya kegiatan ini sehingga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat di Jawa Timur khususnya masyarakat kabupaten Gresik untuk menerapkan cara menggosok gigi dengan baik dan benar," ujar Gus Ipul.

Kesadaran masyarakat inilah, lanjut Gus Ipul, diharapkan semua gigi masyarakat Jawa Timur dan Indonesia sehat dan bebas karies gigi (gigi berlubang.red) di tahun 2030 mendatang," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sambari juga sangat mengapresiasi kegiatan yang berbau social masyarakat tersebut. Menurutnya, dengan diadakannya bakti social dan penyuluhan-penyuluhan oleh PDGI yang bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten Gresik ini tentunya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Pasalnya, tingkat kesadaran masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut semestinya ditanamkan sejak usia dini.

"Mulut merupakan bagian tubuh yang berperan sebagai pintu masuk makanan ke dalam tubuh, dimana tidak dipungkiri bahwa kuman dan bakteri juga termasuk didalamnya. Maka dari itu, menggosok gigi minimal dua kali sehari sangat dianjurkan dan tanamkan sejak usia dini kebiasaan seperti itu," ujar Bupati dihadapan ratusan siswa dan seribu masyarakat yang hadir.

Selain itu, dalam kegiatan bakti social tersebut juga diadakan operasi bibir sumbing yang bekerjasama dengan rumah sakit Fatma Medika. Wagub Jatim Gus Ipul, Bupati Sambari dan Wakil Bupati Moh. Qosim juga berkesempatan mengunjungi sejumlah pasien yang akan menjalani operasi bibir sumbing di rumah sait tersebut.

Disana, Wagub yang didampingi Bupati-Wakil Bupati Gresik juga Nampak berbincang-bincang dengan para pasien. "Semua pasien mengaku senang, karena mereka akan menjalani operasi bibir sumbing secara gratis. Kami berdoa kepada semua pasien agar senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalani operasi," ujar Bupati Sambari. 


ARZ Team

Post a Comment