GRESIK infojatim.com - Satuan Polisi Lalulintas Polres Gresik terus berupaya memberikan pemahaman kongkrit pengguna jalan raya. Seiring banyaknya kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengemudi. Mulai dari pemahaman bermetode digital hingga fisik untuk latihan praktik mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) telah disiapkan.

Sedikitnya dibeberapa halaman Polsek di Kabupaten Gresik telah terbangun sirkuit untuk uji praktik. Sementara mereka (pemohon) yang ingin berlatih uji teori SIM, Korlantas telah menyediakan pada bank soal. Mereka bisa mengakses lewat internet yang tersedia di aplikasi android.

Pantauan dilapangan, justru masyarakat sangat menginginkan tes uji pembuatan SIM sendiri diadakan di Polsek yang telah memiliki tempat latihan. Satu sisi jarak yang berdekatan, juga memudahkan pemohon untuk mendapatkan SIM. Sementara di Polsek yang merupakan wilayah pedesaan masih banyak pengendara yang tidak mentaati peraturan.

"Alasan dibangunnya sarana coaching clinic pemohon SIM di Polsek karena jarak ke Satlantas lumayan jauh. Dengan belajar dulu pemohon nantinya bisa mahir saat di Satlantas. Alasan lain pengendara harus dan wajib memiliki pemahaman aturan berlalulintas, yakni memiliki SIM," terang Kapolsek Ujungpangkah, AKP Sujiran, Kamis 15/2/2018.  

Menanggapi keinginan masyarakat, Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilesanto menerangkan tidak adanya progres. Meski keyakinan untuk membangun adanya sarana, namun dirinya mengatakan tidak efektif. "Rawan ada pungli nanti, sebab dari sisi pengawasan lemah kalau ujian dilaksanakan di luar Sekolah," tegas AKP Wikha.

Lebih jauh, dirinya mempertegas bahwa komitmen Satlantas pada pengurusan SIM harus bebas pungli dan calo. Disamping itu, Ia berkeinginan untuk semua Polsek memiliki lapangan coaching clinic tersebut. Meski tidak semua memiliki lahan, namun bisa memakai lahan di sekitar atau di kantor Kecamatan.

"Konsentrasi kita saat ini ada bagaimana memberi pemahan tertib berlalulintas, sementara agenda ke depan adalah progres membentuk Traffic Management Centre (TMC)," pungkasnya.


ARZ/Tim

Post a comment