GRESIK infojatim.com - Keinginan Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto agar kontestasi Pilkades serentak 31 Juli mendatang berjalan aman rupanya didukung dengan diterjunkannya ribuan personel keamanan. Personel keamanan yang dipersiapkan untuk pilkades serentak di 264 desa tersebut terdiri dari unsur TNI, Polri serta Linmas.

Pagi tadi, Selasa (30/07/2019) para personel keamanan itu mendapat arahan dari Kapolres Gresik AKBP. Wahyu Sri Bintoro dalam apel pergeseran pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkades di wilayah Kabupaten Gresik. Apel tersebut dilangsungkan di Halaman Kantor Bupati Gresik.

Tak tanggung-tanggung, Kapolres Gresik mengatakan bahwa pihaknya melibatkan 1.392 personel kepolisian dari jajaran Polres Gresik dan 10  Polres BKO. "Dalam pengamanan pilkades serentak ini kami terjunkan 517 personel dari Polres Gresik, 631 personel dari 10 Polres BKO, 144 BKO Brimob dan 100 personel dari Sabhara Polda Jatim," ujarnya saat pimpin apel.

Selain itu, jajaran TNI juga menerjunkan 303 personel dan 2.740 anggota Linmas.
Bupati Sambari saat didampingi Wakil Bupati H. Moh. Qosim berharap, dengan keterlibatan ribuan personel ini akan menjadikan kontestasi Pilkades serentak di 264 desa benar-benar berjalan aman dan kondusif.

Ia ingin semua pihak, tak hanya aparat kepolisian dan TNI saja yang menjaga kondisi kamtibmas agar tetap aman, namun seluruh komponen masyarakat juga diminta Bupati Sambari untuk turut bersama-sama menjaga situasi kondusif. "Dengan dukungan ribuan personel kepolisian yang bersinergi dengan TNI dan Linmas, nampaknya harus didukung pula oleh keterlibatan masyarakat untuk bersama-sama saling menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban di masyarakat agar tetap kondusif," pintanya.

Bupati Sambari juga mengucapkan terima kasih kepada para personel dari luar wilayah Gresik yang di BKO (Bantuan Kendali Operasi) di Gresik untuk membantu mengamankan jalannya Pilkades serentak tahun ini. "Saya mewakili pemerintah Kabupaten Gresik mengucapkan terima kasih kepada para personel dari 10 Polres dan Polda Jatim yang turut membantu pengamanan Pilkades serentak tahun ini," ujarnya.

Dari kesiapan yang dilakukan hingga saat ini, Bupati Sambari optimis bahwa pesta demokrasi Pilkades tahun ini akan berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. "Apabila timbul permasalahan, agar diselesaikan secara profesional dengan mengedepankan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bupati Sambari. 


ARz Team

Post a comment