GRESIK infojatim.com - Menjelang masa jabatannya berakhir, untuk mempercantik kota, beragam upaya telah dilakukan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Diantaranya membangun tugu (landmark) di sejumlah titik strategis peremapatan kota. 

Seperti pembangunan Tugu Lontar, di perempatan Kebomas, Kecaman Kebomas, misalnya. Bangunan tugu yang mengambarkan daun Lontar yang dibangun atas bantuan PT Semelting ini bahkan telah selesai pengerjaannya. Jika tak ada perubahan, Rabu (7/8/2019) malam ini, tugu itu diresmikan Bupati Sambari. 

Peresmian Tugu Lontar ini menyusul diresmikannya Tugu Keris Sumilang Gandring di perempatan Sentolang beberapa hari sebelumnya. Semua tugu yang dibangun Sambari itu murni bantuan dari pihak ke tiga tanpa menggunakan dana APBD sama sekali. 

Saat peresmian tugu Keris Sumilang Gandring, Bupati Sambari mengatakan, tugu yang telah diserah terimakan ke Pemkab Gresik ini menambah icon monumental untuk mempercantik Kota Gresik.Indah.

”Semua hibah yang diserah terimakan kepada kami hanya berupa bangunan fisik. Jadi saya tegaskan sekali lagi bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik tidak menerima hibah berupa anggaran. Namun berupa bangunan fisik saja,” katanya.

Terkait sejumlah tugu yang telah dibanghun, Bupati Sambari meminta kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk menjaga dan merawat tugu – tugu Lontar itu. Terutama keindahan taman di sekitar tugu. Lontar ”Setelah landmark ini kami terima, maka saya minta kepada Dinas LH untuk menjaga dan merawat. Tanaman yang menghiasi sekitar tugu juga tolong diawasi dan dirawat,” harap Sambari. 

Selain itu, bupati juga meminta kepada masyarakat bersama-sama menjaga icon yang menjadi kebanggaan Kabupaten Gresik. ”Masyarakat juga kami minta untuk turut merawat. Silahkan dipakai berselfie ria. Tapi agar kebersihan juga dijaga,” harapnya lagi.


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment