GRESIK infojatim.com - Bertempat diKelurahan Lumpur yang dihadiri 50 orang warga kelurahan Lumpur. Masyarakat kelurahan Lumpur menidak lanjuti bagaimana solusinya untuk masyarakat supaya sehat dan bersih dari polusi yang berasal dari PT JASA TAMA, Jum.at (6/9/19). 

Hadir juga pada pertemuan ini Bpk Dr. A. Edy Hidayat.N.selaku Staf Khusus di PT Jasa Tama, Bpk Lurah Zainul Spd,Bpk Sek.Cam Suwandi S.Sos ,Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Terdampak Bpk Anang Bahrudin beserta Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kel.Lumpur Bpk H.M. Nawir. 

Selain polusi warga berkeinginan supaya jalan tidak banyak berlobang dan cepat diperbaiki ujar Pak ismail yang warga Kel.Lumpur ini.Uji udara yang menginginkan supaya dicek kata Pak Anis demikian juga dengan Pak Mahmud yang mengeluhkan polusi yang membuat warga batuk /sesak nafas, pusing dll juga polusi yang disamarkan dan supaya dihentikan. 

Pendapat dan solusi dari PT Jasa Tama yang pertama masalah jalan yang langsung diperbaiki oleh PT Jasa Tama walaupun banyak sekali perusahaan yang menggunakan jalan tersebut.Solusi yang kedua masalah polusi yang disamarkan yang langsung dicek, dibereskan dan dikeluarkan karena perusahaan tidak mau beresiko kepada warga. 

Perusahaan KSOP, Pelindo maupun Jasa Tama sangat takut pada masyarakat,kemudian kalau perusahaan dihentikan itu diusulkan dan ditanyakan saja ke Pemerintah.Sedangkan untuk masalah hasil uji kelayakan sudah diuji dan melibatkan forum dan diuji secara teliti dan mendetail dan boleh di cek ke Dinas Lingkungan Hidup. Dan solusi tercepat yaitu pertama perusahaan ingin supaya diawasi dan diingatkan agar berjalan dengan lancar semua ujar Bpk Dr A.Edy Hidayat menjelaskan dengan sejelas -jelasnya pada pukul 14.00 wib. 

PT Jasa Tama akan menindak lanjuti karena bagaimanapun juga tumbuh kembangnya perusahaan itu tergantung pada lingkungan masyarakat setempat.Jadi sekarang misalnya CSR kami perhatikan tokoh tokoh masyarakat juga kami perhatikan .Polusi seperti ini pun kami perhatikan juga kami datang dan tidak takut masyarakat malah justru lebih dekat dengan masyarakat karena kami ingin perusahaan aman dan masyarakat tidak terlalu terganggu dengan perusahaan kami. 

Sedangkan bongkar muat batu bara itu dimana mana akan menimbulkan polusi debu yang berterbangan di mana mana lebih lebih batu bara yang kalorinya rendah itu seperti tepung tapi kalau kalorinya tinggi itu seperti arang nah akibat dari debu ini yang dibawa oleh angin ini membawa polusi terhadap lingkungan. Tindak lanjut dari kami memperbaiki dari segala sesuatu salah satunya dari penyiraman, jaring penahan debu dll. 

Visi kami adalah bagaimana kami menjadi perusahaan salah satunya adalah lingkungan terpelihara menjadi baik kemudian pelayanan terhadap khususnya batu bara dapat berjalan juga menjadi baik karena batubara juga industri diperlukan oleh perusahaan- perusahaan yang menggunakan tenaga batubara itu sendiri. Jadi seandainya kalau batubara tidak diperbolehkan bagaimana mereka harus mengubah mesin dengan listrik mengubah mesin dengan uap batubara itu kategori murah dan,sampai berita ini diturunkan, Sabtu (7/9/19).

Rencana 1 bulan kemudian kami adakan rapat. permintaan hasil uji udara yang akan kami datangkan yang berpotensi atau berprofesional dan mampu menjelaskan pada masyarakat jelas Bpk Dr.A.Edy Hidayat..


HDK/ARZ infojatim.com ( pendiri dan penanggung .Penanggung redaksi)

Post a comment