LAMONGAN infojatim.com - Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Lamongan berjalan lancar,aman dan damai,sesuai harapan. Ketua Umum JCW(Jatim Corruption Watch)Provinsi Jawa timur Kyai.M.Muzakkin (Gus Zakky), memberikan apresiasi kepada Forkopimda beserta jajarannya yang telah sukses dalam melaksanakan Pilkades serentak di Lamongan.

"Saya memberikan apresiasi yang sangat dalam pada Forkopimda, Forkopimcam, panitia penyelenggara, tokoh masyarakat, semua elemen yang terkait, dan para pemilih yang telah menyalurkan hak suaranya di bilik demokrasi, semoga yang terpilih bisa amanah, dan yang tidak terpilih bisa menerima dengan hati yang legowo, agar masyarakat bisa tenang dan rukun kembali, hidup berdampingan secara harmonis, bisa membangun desanya masing-masing sesuai programnya, dan bisa beribadah dengan khusyuk",Tuturnya, saat ditemui dan di wawancarai oleh awak media infojatim.com, pesantrennya,(Senin,16/09/2019). 

Selain itu kata Gus Zakky,Pria yang juga ketua pusat BPAN RI(Badan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia) dan pengasuh pondok pesantren khusus rehabilitasi sakit jiwa dan narkoba Asma' Berojomusti, di Jln Sekanor, Sendangagung Paciran Lamongan ini membeberkan, "Di kabupaten Lamongan ini sudah beberapa kali berpengalaman menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara massal. 

Namun baru di tahun ini, Pilkades sebanyak 385 desa dilaksanakan serentak dalam satu hari, dan itu sukses tanpa ada kendala apapun, sebagai masyarakat patutlah kita memberikan apresiasi pada beliau para pejuang demokrasi ini, terimakasih Pak Bupati Fadeli beserta jajarannya, Bu Kartika wakil bupati, Pak Sekda, Pak Polisi, Pak TNI, Pak Camat, Panitia penyelenggara, dan semua yang terlibat, kami atas nama masyarakat hanya bisa berdo'a semoga perjuangan panjenengan semua mendapat pahala surga, selalu diberi sehat, bisa amanah dalam menjalankan tugas, dan barokah hidupnya bersama keluarga tercinta, Amin", Ungkap Gus Zakky dengan penuh do'a. 

Asisten tata praja Muhammad Nalikan, mengatakan, "Kita ketahui bersama bahwa dalam gelaran Pilkades secara massal sebelumnya, yakni 381 desa pada 2013 dan 398 desa pada 2017, pelaksanannya dibagi dalam tiga kali tahapan, Sehingga menggelar Pilkades 385 desa secara serentak dalam satu kali tahap pemilihan akan membutuhkan manajemen yang tidak sederhana", Ujarnya. 

Sampai berita ini diturunkan, Lanjut Nalikan, "Belum lagi menata manajemen konflik yang dimungkinkan sudah diperlukan di tahapan awal. Karena dari hampir 1.000 pendaftar bakal calon, hanya 897 nama yang kemudian bisa ditetapkan sebagai calon kades".terangnya. 

Bupati Fadeli jauh-jauh hari sudah menekankan, "Agar persiapan Pilkades Serentak ini dimatangkan dengan detail. Sehingga meski melibatkan proses di 385 desa berbeda secara serentak dalam satu hari, Kabupaten Lamongan nyatanya tetap bisa kondusif, Prosesnya sudah dimulai dengan penyusunan regulasi yang didesain sedemikian rupa, Sehingga memperhitungkan berbagai detail dinamika yang mungkin terjadi",Serunya. 

Tim Pilkades Lamongan dalam menyusun tahapan juga tidak sekedar mengurutkan agenda dengan kalender agar tidak terjadi tumpang tindih. Namun juga sudah melakukan identifikasi masalah yang mungkin timbul di tiap tahapan dan memikirkan jalan keluarnya. 

Dibentuklah kemudian sejumlah tim untuk mengawal proses tahapan ini. Tidak hanya tim pemilihan di tingkat desa, juga ada tim pengawas di tingkat kecamatan, tim monev dan Pilkades di tingkat kabupaten, Desk Pilkades dan forum kajian hukum. 

Pemkab Lamongan juga bersinergi dengan TNI dan Polri untuk menjaga keamanan. 897 Cakades diajak untuk melakukan deklarasi damai. Sementara personel gabungan TNI dan Polri yang terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) diberikan sosialisasi agar siap mengawal Pilkades Serentak.

Bupati sejak awal sudah menekankan agar semuanya taat pada regulasi. Panitia Pilkades diwanti-wanti agar tidak membuat kebijakan yang bertentangan dengan regulasi. Alhamdulillah ini dijalankan, sehingga setiap tahapan bisa berjalan lancar,pesan Fadeli.

Sampai berita ini diturunkan, Selasa (17/9/19). JCW Provinsi Jawa timur mengucapkan Selamat dan sukses atas terpilihnya kepala desa yang baru,selamat berjuang semoga panjenengan semua selalu dalam ridho Allah Swt,masyarakat menunggu perubahan.


Sumber Berita Suara JCW News / Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com (Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment