GRESIK, infojatim.com - Motto, Berani, Transparan, Mengungkap, Membantu Yang Belum Terungkap. 


Unit Reaksi Cepat - Apalan ( URC - Apalan)  merupakan tim yang dibentuk oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik untuk menangani kerusakan jalan Kabupaten maupun eks poros desa, Dalam hal ini Dinas PUTR Kabupaten Gresik meluncurkan aplikasi Apalan untuk merespon cepat laporan masyarakat terkait penanganan jalan rusak.

Aplikasi  tersebut dilaunching langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir,  Dandim 0817, Letkol Inf Taufik Ismail, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, serta Kepala Dinas PUTR Gresik Gunawan Setijadi  dan Forkopimda Gresik di jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas Kab Gresik,  Selasa (23/3/2021).  


Kepala Dinas PUTR Gresik, Gunawan Setijadi mengatakan aplikasi Apalan sebagai jawaban atas keluhan masyarakat selama ini terkait jalan rusak, dengan adanya kehadiran Aplikasi ini diharap mampu merespon cepat, penanganan jalan rusak melalui tim Unit Respon Cepat ( URC)  Dinas PUTR Kabupaten Gresik. 

Gunawan menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tim URC sebanyak 46 personil URC yang dibagi menjadi 6 tim., meliputi tim Utara, tim Bawean, ada juga tim siang dan tim malam, " Ungkap, " Gunawan Setijadi Kepala Dinas PUTR Gresik kepada wartawan. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Gresik Gus Yani meminta setelah diluncurkan aplikasi Apalan ini, jika ada laporan kerusakan jalan dari masyarakat, URC harus siap melakukan perbaikan. "Semua tim URC siap?," tanya Bupati Gus Yani yang disambut kata siap secara serentak oleh puluhan tim URC-Apalan yang hadir dalam agenda Launching Apalan dari tim URC, " Ujar, " dari salah satu tim URC Apalan. 


Sebagai pemerintah daerah harus siap dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, " Ucapnya, " 

Jika ada komunikasi dengan masyarakat akan ada sinergisitas luar biasa antara pemerintah dan masyarakat," tambahnya.

Bupati Gresik Gus Yani berjanji dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-Perubahan 2021 akan ada tambahan anggaran untuk perbaikan kerusakan jalan. "URC-Apalan harus bergerak cepat. Jangan khawatir kami berdua akan duduk bersama soal anggaran. Dengan tim kompak, Insya Allah tak akan ada jalan rusak lagi di Kabupaten Gresik," pungkasnya.


Sebagaimana diketahui, DPUTR Gresik saat ini tengah menangani jalan kabupaten se-Kabupaten Gresik dengan panjang sekitar 524 km dan eks JPD. Untuk JPD sendiri se-Kabupaten Gresik ada 160 ruas.



Tim URC harus ditambah agar langkah penanganan aduan masyarakat terkait kerusakan jalan, kami tidak ingin masyarakat Gresik menjadi korban kecelakaan kereta jalan rusak , "Pungkas, " Bupati Gresik. 

Di akhir acara kedepan Gus Yani sebagai Bupati Gresik meminta agar tim URC terus ditambah sehingga penindakan dan perbaikan jalan rusak semakin maksimal, " Tutur, " beliaunya. 


Dan juga Bupati Gresik Gus Yani dalam kesempatan ini juga mengatakan dengan dibentuknya Tim ini dalam rangka mendukung program kerja 99 hari untuk menuju Gresik perubahan baru  dengan kepemimpinan baru Fandi Akhmad Yani, SE sebagai Bupati Gresik. Dalam agenda tersebut terpantau oleh tim redaksi infojatim.com - gresiknews1.com group. 



Penulis: Arifin S.Zakaria 
(Pendiri Penangung Jawab Redaksi)

Post a comment