Gresik, infojatim.com - Motto Berani, Transparan, Mengungkap,  Membantu Yang Belum Terungkap. 


Selain dikenal sebagai sekolah dengan segudang prestasi. SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (SMAMIO) juga terus berkembang menjadi salah satu sekolah yang mendukung dan mengembangkan energi terbarukan. 

Salah satunya dengan meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap atau panel surya di Gedung Lantai 6 SMAMIO. PLTS dengan 76 panel yang mampu menghasilkan energi 25 kWp tersebut diresmikan Anggota DPR RI Prof. Zainuddin Maliki, Jum'at (22/1/2021). 


Kepala SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik Hari Widianto mengatakan, dalam milad SMAMIO ke-6 ini pihaknya mengaku senang dan bangga atas dukungan berbagai elemen. Khususnya, Kementerian ESDM dalam mendukung SMAMIO mengembangkan PLTS yang diharapkan bisa mendukung penelitian energi dan nano material. 

"Ini semua menegaskan bahwa SMAMIO merupakan sekolah riset, sekaligus kepedulian kami dalam menekan produksi emisi karbon dioksida. Targetnya PLTS ini mampu menghemat 20 persen tagihan listrik," kata Hari. 

Lebih lanjut, Hari mengungkapkan, pada tahun ini SMAMIO telah menorehkan banyak prestasi, yakni 14 prestasi karya ilmiah ditingkat nasional dan 2 prestasi ditingkat internasional. Untuk itu pihaknya terus mendorong para siswa mengembangkan penelitian-penelitian ilmiah. 


"Sekolah riset SMAMIO diperkuat dengan adanya pembimbing yang kompeten dibidang penelitian. Sekolah riset ini bertujuan membentuk siswa-siswa yang mandiri, bertanggung jawab, jujur, berjiwa peneliti dan mampu menganalisis setiap permasalahan lingkungan sosial dengan baik," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir meminta, agar menjadikan milad sebagai momentum untuk peningkatan kualitas dan menjadikan sma yang unggul berkemajuan. 

"Dari sekolah ini semoga muncul kader-kader yang memberi peran yang terbaik bagi lingkungan dan umat serta bangsa diranah global ditenggah kompetisi dan perubahan seperti saat ini," ungkap Prof. Haedar saat menyampaikan sambutan Milad secara virtual. 


Senada, Menteri PMK Muhajir Effendy berharap dalam Milad ke-6 ini SMAMIO semakin tumbuh dan berkembang. "Semoga SMAMIO mampu mencetak kader-kader yang mumpuni dibidang pengetahuan, kokoh dibidang karakter dan siap berkontribusi bagi bangsa," harapnya. 



Sumber Berita: Partner Mitra 
Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com -gresiknews1.com  group 
Arifin S.Zakaria

Post a Comment