Lamongan-Babinsa Koramil 0812/07 Bluluk membantu petani menanam padi Pada musim Hujan dan Percepatan Masa tanam padi saat ini. yang mana pendampingan penanaman padi ini merupakan tanam padi serentak yang Ke II untuk wilayah jajaran Kodim 0812 Lamongan.

"Babinsa melakasanakan pendampingan Kepada petani untuk menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam di wilayah Lamongan dan untuk yang Ke II  Kalinya penanaman Serentak dilakukan, Khususnya Wilayah Mantup penanaman serentak ini mencampai 62 Ha," kata Komandan Koramil (Danramil) 0812/07 Bluluk, Kapten Chb M. Khoiri.

Ia mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan "jajar legowo" dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.Karena tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola "jajar legowo", tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya

Pada program ketahanan pangan di Lamongan, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan. Anggota TNI bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan, Sebelumnya PPL jarang sekali memberikan pendampingan karena jumlah mereka yang terbatas, namun dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani," katanya.

Pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan, demikian  ungkap salah seorang kelompok tani di desa tersebut.


Post a Comment