NGAWI -  Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Komando Rayon Militer (Koramil) Gerih jajaran Kodim 0805/Ngawi membantu petani membersihkan saluran irigasi Dusun Bulak Bunder Desa Widodaren Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.  Rabu, 30 Desember 2015

"Kami bersama Kelompok Tani bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) membersihkan saluran irigasi sepanjang 230 meter lebar 2 meter di areal lahan mereka seiring dengan datangnya musim hujan," kata Babinsa Gerih, Serda Lamin, di Ngawi, Rabu.

Menurutnya, pembersihan saluran irigasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Kabupaten Ngawi.

"Mudah-mudahan air mengaliri areal sawah dengan baik karena irigasi pertanian sudah dibersihkan secara bersama-sama dan tidak ada lagi gangguan irigasi dalam pemenuhan kebutuhan air di sawah para petani," katanya.

Komandan Kodim 0805/Ngawi, Letkol Inf Sugiyono Melalui Pasiintel Kodim Ngawi Kapten Chb Sutana mengatakan petani sudah sangat berpengalaman dalam mengolah lahan pertanian, namun dengan pendampingan para anggota TNI diharapkan dapat membantu perawatan pemeliharaan tanaman padi menjadi lebih baik dan meningkatkan hasil panen.

"Misi pendampingan ini intinya mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman, dan perawatan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat," tuturnya.

Bersamaan musim tanam dengan musim hujan, lanjut dia, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Babinsa untuk memonitor sejumlah kendala petani di lapangan, agar masalah dapat diminimalisir sejak dini. 

"Seperti keberadaan saluran irigasi yang ada, ketersediaan pupuk, dan obat antihama yang harus dimonitor secara terpadu dengan PPL maupun instansi terkait di lapangan," katanya.

Dengan berbagai langkah tersebut, lanjut dia, pihak TNI berharap dapat meningkatkan hasil panen para petani, sehingga dapat menunjang program swasemabada pangan nasional.

Sementara Ketua Kelompok Arifin mengaku senang dengan bantuan anggota Babinsa yang membantu membersihkan saluran irigasi saat musim hujan tiba.

"Kelompok tani kami mengelola sawah seluas 85 hektare di Desa Widodaren Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sehingga dengan saluran irigasi yang lancar maka tanaman padi tidak akan kekurangan air dan diharapkan dapat meningkatkan produksi panen nanti," katanya.
( pendam5brwjaya ) Arifin SZ / Team

Post a comment