Bangkalan,-Seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Kodim 0829/Bangkalan "siap mendukung dan menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk mewujudkan ketahanan dan swasembada pangan", hal tersebut disampaikan Dandim 0829/Bangkalan dalam arahannya di depan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) bertempat di Makodim Bangkalan, beberapa waktu yang lalu.

 

Sebagai tindak lanjut di lapangan, anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0829/15 Geger-Kodim 0829/Bangkalan Serma Padli, Sertu Ahmadi, Sertu Syaifudin dan Serda Pujiono membantu tanam padi dengan Poktan Karya Tani, sedangkan Serda Purwanto, Serda Toni dan Koptu Munir membantu tanam padi dengan dengan Poktan Jaya Mulya dan Masyarakat di Ds Kampak Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Sabtu 19 Desember 2015.

 

"Pada program ketahanan pangan di Bangkalan, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani," kata Komandan Koramil 0829/15 Geger, Kapten Inf Kapten Inf H Slamin Joko, di Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Sabtu.

 

Kodim 0829/Bangkalan melalui para Babinsa ikut terjun ke sawah karena produksi di lahan pertanian setempat mengalami penurunan dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.

 

Menurut dia, Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Kelompok Tani melakukan penanaman padi dengan pola jajar legowo.

 

"Tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola jajar legowo, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem ini mampu meningkatkan produktifitas sekitar 30 persen per hektarnya," paparnya.

 

Ia menjelaskan pada lahan pertanian, anggota TNI bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Bangkalan.

 

"Melalui kelompok-kelompok tani yang ada, kami berupaya mensosialisasikan pola tanam jajar legowo untuk meningkatkan produktivitas hasil panennya," katanya.

Post a comment