Korem 081/DSJ, Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf  Hardani Lukitanta Adi bersama Dinas Pertanian serta para kelompok  tani melaksanakan penanaman kedelai secara serentak di Desa Jajar Kecamatan  Gandusari Kabupaten Trenggalek. Selasa (22/12).

 

Menurut Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf  Hardani Lukitanta Adi, kegiatan tanam serentak utamanya kedelai adalah sebagai bagian dari penyuksesan program swasembada pangan termasuk upaya khusus yang kita lakukan selain penanaman padi dan jagung. Potensi lahan yang ada serta kondisi musim tanam yang sudah memungkinkan maka para kelompok tani dipacu untuk melaksanakan kegiatan ini.

 

Lebih lanjut Danrem katakana Terlebih penanaman kedelai secara serentak di Desa Jajar Kec. Gandusari Kab. Trenggalek ini, sebagai upaya menggeser kedelai Impor untuk menuju Kedaulatan pangan nasional. Juga diharapkan mampu memberikan ketersediaan pangan bukan hanya untuk Kabupaten Trenggalek sendiri, tapi juga untuk nasional agar pemerintah tidak lagi banyak mengimpor kedelai lagi.

PJS. Bupati Trenggalek Dr. H. Jarianto, M.Si, yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi kerjasama Poktan, TNI AD dan para petugas pertanian dalam mensukseskan program pertanian ini. Dengan apa yang sudah dilakukan saat ini maka Bupati berharap hasilnya nanti akan maksimal, target tercapai yang tentunya melalui pemeliharaan dan perawatan tanaman yang baik juga, tegasnya.

 

Acara tanam kedelai serentak ini ditandai dengan penanaman secara simbolis dari para tamu undangan yang hadir, antara lain Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, PJS. Bupati Trenggalek, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf  Hardani Lukitanta Adi, Dandim 0806/Trenggalek Letnan Kolonel  Arh  Mohamad  Zaini, S.I.P, Ketua DPRD Kab. Trenggalek, Kabiro Perlindungan dan Kelola Sumber Daya Alam Susilo Budi Warsono, Direktur AKABI (Aneka Kacang dan Ubi) Dr. Ir. Aman Suherman,  Kepala Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan Prop. Jatim, Forpinda Kab. Trenggalek, Kepala Dinas Pertanian Se-Bakorwil Madiun.

Post a comment