Surabaya - Serangkaian kegiatan terus dilakukan oleh TNI-AD guna mewujudkan Kemanunggalan antara TNI dan Rakyat. Bahkan, para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa juga tak luput dalam upaya TNI-AD dalam mewujudkan pembinaan terhadap generasi muda sebagai aset bangsa.

Sehubungan dengan hal itu, Panglima Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya, Mayjen TNI Sumardi menyambut hangat dengan adanya Audiensi dari Generasi muda khususnya Siswa Taruna Nusantara Magelang yang berdomisili di Surabaya. Selasa, 22 Desember 2015 pagi di ruangan Audiensi Pangdam V/Brawijaya.

Rombongan yang terdiri 6 siswa dengan didampingi oleh masing-masing wali murid tersebut bertujuan untuk memperkenalkan diri sekaligus mempererat tali silahturahmi antara Kodam V/Brawijaya dengan SMA Taruna Nusantara yang diwakili oleh beberapa siswa tersebut.

Dengan didampingi Kapendam V/Brawijaya, Waaspers dan Waaster Kasdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Sumardi terlihat sangat antusias dalam suasana keakraban dengan para siswa sekaligus para wali murid yang ikut menghadiri Audiensi tersebut. Tak hanya itu, Pangdam juga menyempatkan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berisi pengalaman hidup, kiat-kiat dan kepemimpinan serta cara melatih diri untuk menjadi pemimpin masa depan.

Dalam audiensi itu, Mayjen TNI Sumardi mengawali perbincangan dengan menceritakan riwayatnya selama mengemban tugas menjadi prajurit TNI-AD hingga menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya di bulan Juli 2015. Di sela-sela perbincangan seperti bapak dan anak, beberapa siswa Taruna Nusantara mencoba untuk menggali rasa keinginantahuannya dengan menanyakan suka dan duka Mayjen TNI Sumardi selama menjadi prajurit TNI-AD.

Menjawab rasa keinginantahuan para siswa tersebut, Pangdam menceritakan secara rinci kepada para siswa. Menurut Mayjen TNI Sumardi, selama mendapatkan tugas di Kesatuan Kopassus selama 23 tahun, Pangdam menjalankannya dengan penuh rasa ikhlas dan bersyukur dengan apa yang dijalaninya. "Ambil hikmahnya saja, ditugaskan dimana pun yach dinikmati saja, karena itu merupakan suatu amanah dari Allah SWT," ungkap Pangdam.

Selain itu, lanjut Pangdam, suka dan duka selama menjadi Prajurit, Mayjen TNI Sumardi juga menceritakan pengalamannya selama menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya selama kurang lebih 5 bulan ini. "Kehidupan di Jawa Timur khususnya Forkopimda selama ini sangat baik sekali. Sehingga tugas di lapangan dapat di selesaikan dengan baik, " jelas Jenderal Bintang Dua kepada para siswa SMA Taruna Nusantara.

Dalam visi misinya untuk mewujudkan generasi penerus yang berkarakter, Pangdam juga menyempatkan diri untuk memberikan beberapa kiat maupun cara sukses yang harus ditempuh para pemuda. "Kerja yang sungguh-sungguh dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bagi yang beragama islam maupun yang beragama lain," tukas Mayjen TNI Sumardi.

Berkenaan dengan hal itu, Dr Dini Aditya Rini Sp. A. yang merupakan salah satu wali murid dari siswa SMA Taruna Nusantara berharap, melalui kegiatan tersebut para siswa bisa memperluas wawasan mengenai kepemimpinan di dalam kehidupan yang nyata di lingkungan masyarakat. "Saya harus jadi contoh bagi anak saya, maka dari itu saya terapkan sistem reward and punishment. Bahkan, saya sebagai orang tua harus mengedepankan dan mengutamakan sholat dan aturan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Hal senada juga dituturkan oleh Ibu Nyoman Sukasana yang juga merupakan salah satu wali murid. Menurutnya, dengan adanya motivasi yang diberikan oleh Mayjen TNI Sumardi kepada para siswa tersebut merupakan suatu dorongan positif tersendiri untuk memacu keinginan para pemuda dalam meraih cita-citanya seusai menempuh pendidikan

.

Post a comment