GRESIK - Untuk mensosialisasikan keberadaan Pelabuhan International, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto mengajak semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengunjungi Java Integrated Industrial Ports and Estate (JIIPE), Senin (17-10-2016).

Mula-mula rombongan pejabat Pemkab Gresik ini menyusuri seluruh ruas jalan pelabuhan sepanjang kurang lebih 11 km menuju dermaga. Pulau kecil buatan yang dipakai sebagai dermaga ini luasnya 80 hektar. Tempat ini tampak sudah siap dengan berbagai lahan kosong di kanan kirinya. Disana sudah ada jembatan timbang serta bangunan semi permanen yang ditempati beberapa orang dari PT Berlian Manyar Sejahtera sebagai operator pengelola pelabuhan.

Selain itu, sarana prasarana lain berupa mobile crane, hooper dan grabe tampak juga sudah tersedia. "Sejak keluarnya ijin dari Kementerian Perhubungan, sampai saat ini sudah ada 17 kapal besar baik kapal antar pulau maupun antar negara yang sudah berlabuh di dermaga JIIPE ini" ungkap Sambari yang didampingi kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono.  

Selanjutnya Bupati membawa rombongan ke kantor JIIPE yang berjarak sekitar 4 kilometer dari dermaga. Disini rombongan disambut pihak manajemen JIIPE. Didampingi Wahyu Widodo dari pihak manajemen rombongan Pejabat pemkab Gresik ini melihat maket Pelabuhan seluas sekitar 3 ribu hektar tersebut. "Kami menyiapkan areal industry seluas 1760 hektar di areal ini" ungkap Wahyu sambil menunjuk pada lahan ditengah maket.

Wahyu juga menjelaskan bahwa pihaknya tengah membangun 7 (tujuh) telaga buatan dengan luas total 42 hektar. "Telaga buatan ini kami peruntukkan untuk keseimbangan lingkungan selain sebagai lahan untuk tangkapan air. Telaga yang di sebelah ini yang terkecil hanya 2,4 hektar" ungkapnya sambal menunjuk telaga yang ada disebelah kantor manajemen.

Wahyu juga menambahkan bahwa pada tahun 2017 nanti akan ada penambahan alat kepelabuhan. "Kami pastikan ada tiga unit alat bongkar muat yang akan melengkapi JIIPE ini. Selain itu, kami akan membangun railway double track, membangun jalan seluas 3,5 km yang akan tersambung dengan tol langsung menuju pelabuhan" paparnya.

Arz/team/d2g

Post a comment