Info Jatim Grup 22:59 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Salah satu Puskesmas di Gresik yang diduga tidak sesuai prosedur dalam merujuk korban kecelakaan ke rumah sakit tanpa ada surat rujukan, Puskesmas Gending,  No. A, Kebomas, Jl. Veteran No.175, Gending Wetan, Singosari, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61123, Kamis,13/04/2023.

Diduga asal - asalan dalam mendata pasien korban Kecelakaan, salah satu puskesmas yang berada di Gresik melaksanakan pelayanan diduga tidak sesuai prosedur.


Diketahui hal itu, terjadi oleh salah satu korban kecelakaan laka 33 Yang terjadi di wilayah Mayjend Sungkono Gresik pada hari Kamis, 13 April 2023 pada jam 11.45 siang.


Menurut informasi yang diterima awak media infojatim.com bahwa sebelumnya dari pihak puskesmas Gending atas nama Dr. Eliana menghubungi salah satu keluarga korban dan mengatakan bahwa ada dari pihak keluarga yang mengalami kecelakaan dan harus segera dilakukan penanganan lebih lanjut, namun pihak Puskesmas tidak bisa dan harus dirujuk ke Rumah sakit yang lebih besar yaitu Rumah Sakit Semen Gresik agar dapat penanganan lebih cepat.


Namun ironisnya, dalam proses rujukan ataupun pelayanan dari Pihak Puskesmas Gending diduga tidak sesuai prosedur.

Foto: Tangkapan layar Chat via WhatsApp Pimpinan redaksi infojatim.com saat konfirmasi terkait dalam prosedur Pelayanan Puskesmas ke dr. MUKHIBATUL KHUSNAH, MM (Kepala Dinas Kesehatan Gresik) siang tadi hingga saat ini belum ada jawaban, Kamis (13/04/2023).

Terkesan asal-asalan dalam prosedur pelayanan, Pimpinan infojatim mencoba konfirmasi melalui WhatsApp ke dr. MUKHIBATUL KHUSNAH, MM (Kepala Dinas Kesehatan Gresik) terkait prosedur dalam pelayanan maupun pendataan pasien maupun korban laka 33 dalam penanganannya, namun hingga berita ini ditayangkan belum ada jawaban dari pihak Kepala Dinas Kesehatan Gresik.


" Saya sudah mencoba konfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan Gresik terkait dalam korban laka 33 ini dirujuk tanpa ada surat rujukan dari puskesmas dan korban pun diantar oleh 2 orang yang diduga adalah oknum yang menabrak, namun data diri nya tidak ada di puskesmas, apakah memang prosedur dalam pelayanan nya puskesmas memang seperti itu, tapi belum ada jawaban, " Ungkap Arifin Pimpinan Redaksi infojatim.com


Diketahui korban dirujuk dari Puskesmas Gending ke Rumah Sakit Semen Gresik tanpa ada Surat Rujukan ataupun konfirmasi dari Pihak Puskesmas Gending ke Rumah Sakit Semen Gresik.


Salah satu petugas Rumah sakit Semen saat dimintai keterangan menjelaskan, bahwa korban sudah berada di dalam dan Pihaknya tidak mengetahui siapa yang mengantar dan kami tidak menerima surat rujukan dari Pihak Puskesmas Gending.

Foto : Korban kecelakaan yang dirujuk dari Puskesmas Gending ke Rumah sakit Semen Gresik saat ditangani oleh pihak petugas Rumah sakit Semen Gresik, Kamis (13/04/2023).

" Saya tau nya Korban sudah berada di dalam dan kami tidak tau pihak yang mengantar korban, maupun surat rujukan juga kami tidak menerima. Cuma pada saat itu korban sudah di dalam dan kami tangani sesuai prosedur, mulai nama data diri korban dan kami tangani. "Ungkapnya pada awak media infojatim.com


Sementara itu, Ditempat berbeda, saat kami mencoba konfirmasi ke pihak Puskesmas Gending menjelaskan bahwa sebelumnya memang ada korban ibu- ibu mengalami kecelakaan dan dari pihak puskesmas tidak bisa melakukan penanganan dan dirujuk ke rumah sakit semen Gresik.


Ditanya soal prosedur dalam pelayanan ataupun surat rujukan dalam korban kecelakaan tersebut, salah satu petugas jaga saat ditemui pimpinan Redaksi infojatim.com mengatakan bahwa tidak harus menggunakan surat rujukan dikarenakan pasien masih sadar. Dan ada 2 orang yang mengantar korban.


Lucunya, data diri yang ada di puskesmas Gending hanya data diri korban, sedangkan pihak pengantar ataupun dalam dugaan oknum yang menabrak tidak ada data diri yang tercatat di puskesmas Gending.

Foto: Arifin S Zakaria Pimpinan Redaksi infojatim.com saat mendampingi korban kecelakaan, Kamis (13/04/2023).

Hingga berita ini ditayangkan, Awak media infojatim masih menunggu jawaban dari pihak-pihak terkait khususnya Kepala Dinas Kesehatan Gresik, karena ini merupakan terkait pelayanan kesehatan untuk masyarakat. (Arz)

Bersambung.


Pimpinan Redaksi infojatim.com : Arifin S Zakaria

Post a Comment