GRESIK - "Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Berikan aku 10 (sepuluh) pemuda maka akan ku guncang dunia," Ir. Soekarno.

Demikian penggalan kalimat yang disampaikan Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi pada upacara Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 yang berlangsung di halaman pemkab Gresik, Jumat (28-10-2016).

Pada kesempatan itu, Bupati Gresik Sambari menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepaa para tokoh pemuda pada tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor pemuda nusantara untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus persatuan dan kesatuan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan. Dan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 kali ini mengusung tema 'Pemuda Indonesia Menatap Dunia'.

Data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yangmencapai 252 juta orang (BPS, 2014).

"Secara kuantitas angka 24,5% ini cukuplah besar, ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa," katanya.

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan bahwa upacara yang dilaksanakan di halaman kantor pemkab Gresik tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari PNS, TNI-Polri, pelajar, Organisasi Kepemudaan, sejumlah pejabat dilingkungakn pemkab Gresik serta forkopimda.

Arz/team/d2g

Post a comment