GRESIK infojatim.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 19 desa yang meliputi 18 kecamatan se-kabupaten Gresik akan terlaksana pada tanggal 29 Oktober mendatang. Untuk itu, Polres Gresik menggelar apel persiapan pengamanan pilkades guna meminimalisir potensi terjadinya konflik pada pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Apel kesiapan guna mengamankan pilkades serentak berlangsung di halaman kantor Bupati Gresik, Rabu (25/10/2017).

Dalam apel kesiapan pengamanan tersebut juga diisi dengan sejumlah simulasi. Simulasi dilakukan seakan-akan terjadi kerusuhan di salah satu desa penyelenggara pilkades yang tidak puas dengan hasil pemilihan tersebut.
Massa yang tidak puas tersebut lalu melakukan aksi anarkis, namun berhasil diredam oleh petugas kepolisian setempat dibantu tramtib dan jajaran TNI yang sengaja diturunkan dalam pengamanan tersebut.

Nampak Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim bersama sejumlah jajaran forkopimda hadir dalam kegiatan tersebut.

Bupati Sambari mengatakan, simulasi pengamanan tersebut sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi pesta demokrasi dan menjaga keamanan jika terjadi aksi atau kerusuhan saat pilkades mendatang.
Beliau menilai, meski hanya di tingkat desa, namun pilkades juga memiliki potensi untuk terjadi konflik atau kerusuhan.

"Walaupun pilkades ini pemilu yang ada di tingkat desa, bukan berarti dianggap gampang. Pilkades juga berpotensi terjadi konflik jika ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasilnya. Kami mewakili pemerintah kabupaten Gresik menyambut baik kegiatan simulasi ini, agar nanti jika terjadi sesuatu, pihak berwajib tahu apa yang harus dilakukan," kata Bupati Sambari.

Beliau juga menghimbau kepada  setiap desa penyelenggara pemilu, agar mematuhi setiap peraturan-peraturan yang berlaku. Sebab, dengan mentaati peraturan maka mampu mencegah terjadinya konflik maupun kerusuhan. Beliau juga ingin pelaksanaan pilkades berlangsung jujur, adil dan transparan sehingga tidak ada lagi pihak yang memprotes dan mengadu.

"Kepada semua elemen masyarakat agar bersatu padu menyukseskan pelaksanaan pilkades serentak dan mari bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif,"ujar Bupati Sambari.


ARZ Team

Post a comment