LAMONGAN infojatim.com - Sekitar 1.596 santri di Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan menggelar kirab santri dalam rangka peringatan hari santri nasional yang diselenggarakan di Lapangan Gedung Mayangkara Mantup, Sabtu (21-10-2017) tadi pagi.

Acara kirab santri yang bertajuk "Mlaku bareng kyai lan santri" tersebut dibuka langsung oleh camat Mantup, Zubaeri, MM

Dalam sambutan singkatnya Zubaeri mengatakan, bahwa dalam acara ini kita semua diajak kembali untuk mengingat jasa para kyai dan santri, serta memperkuat keteguhan memperkokoh NKRI.

Zubaeri, Juga menghimbau agar dalam perjalanan nanti terus membaca sholawat dan menyebut asma Allah

Para santri yang mengikuti kirab sebagian besar membawa spanduk yg bertuliskan almamaternya masing-masing. 

Satu diantara santri yang lain, Rahmania (21) warga dusun Jatisari, desa Kedukbembem, mengaku merasa bangga dengan adanya kegiatan tersebut.

"Saya senang mengikuti kegiatan ini, selain sebagai upaya untuk mengingat jasa para ulama' saat berjuang mempertahankan kemerdekaan juga menanamkan nilai nasionalisme". Katanya

Adapun kegiatan tersebut dipelopori oleh pemuda NU mantup yang tergabung dalam organisasi Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) PAC Kecamatan Mantup.

Menurut ketua PAC GP Ansor Mantup, Miftahul Qomar, S.Pdi mengatakan, ribuan santri yang mengikuti kirab berasal dari seluruh lembaga maarif, diniyah, dan badan otonom NU di Kecamatan Mantup.

"Selain diikuti seluruh lembaga yang dibawah naungan NU se Kecamatan Mantup, kegiatan ini juga diikuti seluruh wali murid santri". Ucapnya

Kirab tersebut juga dimeriahkan grup band Songgo Langit yang dikomandani Kusaini, S.Sos dari SMK Ma'arif NU Mantup dan grup drum band yang sebagian besar pesertanya berasal dari kalangan siswa SD dan SMP.

Lebih lanjut, Qomar mengatakan, kirab dalam rangka peringatan hari santri nasional ini merupakan rangkaian kegiatan ke 3 Setelah sebelumnya digelar apel kesetiaan pancasila di Gunung Lawu, serta pembacaan sholawat nariyah di seluruh ranting, dan puncaknya besok tanggal 22 oktober di Alun-alun Lamongan.

Adapun rute kirab, kata dia, dimulai dari Lapangan mayangkara Mantup menuju desa Mantup, dan berakhir juga di lapangan mayangkara Mantup.

Turut hadir dalam acara kirab santri tersebut, K.H. Abdul Jalil, SH., Ketua MWC NU kecamatan Mantup, Kapolsek Mantup, Danramil kecamatan Mantup, Camat Mantup, Tokoh Masyarakat dan seluruh ketua lembaga badan otonom NU se kecamatan Mantup.


ARZ Team

Post a Comment