GRESIK infojatim.com - Meriah, karnaval mobil hias dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Ke 73 RI yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik pada Jum'at (24/8) sore. Sejak siang masyarakat Gresik tampak antusias memenuhi sepanjang perjalanan garis start yang berada di Halaman Kantor Bupati Gresik, hingga finis di gedung Wahana Ekspresi Poespo Negoro.

Diawali dengan tarian berjudul Tari Kridaning Lengis dan Tari Masmudari tampak memukau penonton. Tarian kolosal yang dimainkan oleh sekitar 50 muda-mudi asuhan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik ini tampak sangat atraktif.  

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto bersama Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro dan juga Komandan Kodim 0817 Gresik, turut melepas satu persatu mobil hias. Sebelumnya acara dibuka langsung oleh Bupati bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Gresik, pimpinan daerah tampak terkagum dengan miniatur yang terhias di mobil peserta.

Ada dibagian terdepan rombongan biker dari kelompok Organisasi Gagak Ireng (Ogier), selanjutnya diikuti mobil peserta karnaval yang berjalan melalui dihadapan Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto beserta seluruh Anggota Forkopimda Gresik. Sebanyak 94 mobil hias yang berasal dari seluruh kecamatan, sekolah, Perusahaan, kelompok masyarakat serta berbagai elemen masyarajkat yang ada di Gresik.

Karnaval kali ini adalah yang sangat berbeda dan terlihat lebih lengkap. Mobil yang dihias tampak mewakili kelompok masyarakat dan budaya di Gresik. "Kami melihat sangat lengkat,  mobil hias dari perusahaan yang mewakili perusahaannya. Mobil hias dari Instansi tampak juga mewakili Instansinya. Karakter budaya lokal sangat kental," terang Sambari.

Dari Gresik Migas misalnya, Perusahaan ini menghias mobilnya dengan miniature metering gas, PDAM menghias mobil dengan Instalasi penjernihan air, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang menghias mobilnya dengan bangunan Gelora Joko Samudro lengkap dengan atlitnya. Tampak mobil hias dari perusahaan Jebekoko, Garudafood, Petrokimia, Smelting, Karunia Alam Segar, Gresik Migas, PDAM Gresik.

Tak ketinggalan beberapa sekolah juga menghias sesuai karakter masing-masing. SMP Negeri Sangkapura dan Tambak menghias patung Rusa Bawean dan Kecamatan Bungah menghias mobil dengan hiasan Benteng Loodewijk di Mengare. Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik terutama para peserta karnaval.

Dari salah satu peserta carnaval mobil hias,  hiasan Patung Monyet sempat terbakar diduga terkena serpihan api rokok pada akhirnya tetap semangat dalam memeriahkan kemerdekaan RI ke - 73 dengan berupaya semaksimal mungkin mobil dihias kembali dengan Daun Palem untuk menutupi hiasan mobil tersebut akhirnya sempurna kembali. Peserta tsb tetap semangat dengan berteriak MERDEKA MERDEKA. 

"Kami berharap untuk tahun yang akan datang akan lebih banyak peserta yang ikut dan lebih meriah. Kami akan menggabungkan peserta pameran tahun ini dengan tahun sebelumnya yang bertemakan perang," pungkasnya.  


Arifin s.zakaria

Post a Comment