GRESIK infojatim.com - Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro SH SIK MSI, pada Jum'at (21/12/2017) pukul 09.00 WIB pagi, bertempat di halaman Kantor Pemkab Gresik Jl. Dr. Wahidin SH Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018, dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Operasi Lilin Semeru 2018, menurut rencana akan dilaksanakan mulai tanggal  21 Desember 2018.

Tampak hadir dalam apel tersebut segenap unsur Forpimda Kabupaten Gresik, perwira TNI dan Polri, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, pemuda gereja dan sejumlah tamu undangan. Sementara peserta apel terdiri dari ratusan aparat gabungan dari Polres Gresik, anggota TNI dari Kodim 0817 Gresik, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol-PP, PPM Gresik, Rapi,  PMI, Senkom dan Orari, Banser, Kokam, Puskesmas, Saka Bhayangkara, Black Panther Polres Gresik dan  BPBD  Gresik.

Inspektur upacara langsung dipimpin oleh Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH SIK MSi menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D. Dalam amanat tersebut menyebutkan, Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menurut Kapolri yang disampaikan Kapolres Gresik, sebagaimana diketahui, situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

"Realitas ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan. Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama," ungkap Kapolres.

Oleh karena itu, jelas AKBP Wahyu S Bintoro seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar. Soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu 
kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan.

"Dalam kaitan tersebut, Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait lainnya, menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi "Lilin 2018". Dimana kegiatan operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018," terangnya.

Dalam hal ini, Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan di antaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping Ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan moda transportasi baik darat, laut, maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polri, jajaran TNI, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan lainnya, yang selama ini telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Saya berharap, kerjasama dan sinergisitas yang sudah terjalin dengan baik ini, dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan." pungkasnya.

Kapolres Gresik juga menegaskan untuk pengamanan yang dilakukan diwilayah Gresik "Kita juga telah menyiapkan pos pelayanan yang berada di depan Icon Mall sedangkan untuk pos pengamanan berada di BCA Jl. Dr. Sutomo, Gelora Joko Samudra, Exit tol Manyar dan di pertigaan Legundi Driyorejo sebagai tempat tempat keramaian yang perlu kita antisipasi." tegasnya.

Apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan pasukan dimulai dengan penyematan tanda operasi kepada perwakilan peserta apel yaitu anggota Pom TNI 0817 Gresik, Anggota Sabhara Polres Gresik dan anggota Dishub Gresik. Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru Tahun 2018 dengan Tema "Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019" telah selesai. Selanjutnya Kapolres Gresik AKBP. Wahyu S Bintoro., SH., SIK.,M.si didampingi Bapak Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto.,ST.,M.si dan Jajaran Forkopimda Lainnya Memberikan selamat dan semangat kepada Peserta Apel.


Arifin sz Team

Post a Comment