GRESIK - Kapolres Gresik AKBP Wahyu S. Bintoro SH,SIK MSi gelar kegiatan Sholat Idul Adha 1440H/2019 M Dengan tema Nilai Ibadah Qurban kita tanamkan semangat dan ketulusan dalam pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara " yang diikuti oleh -/+ 1.000 Jamaah dengan khotib / Imam Sdr. KH. DRS. MANSYUR SHODIQ ( Ketua Mui Kab. Gresik ) dan Muadzin SDR. AIPTU H. SYAIFUL BACHRI Y,.bertempat di halaman Satlantas Polres Gresik Ds Randuagung kec Kebomas Kab Gresik, Minggu (11/8/2019).

Dalam acara tersebut di hadiri oleh AKBP WAHYU SRI BINTORO, S.H., S.I.K., M.Si (Kapolres Gresik ) , KH. DRS. MANSYUR SHODIQ ( Ketua Mui Kab. Gresik ), KOMPOL DHYNO INDRA SETYADI, S.I.K., M.Si (Wakapolres Gresik), NY. LEDDY DHYNO INDRA ( Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Gresik ), PJU Polres Gresik., Kapolsek Jajaran Polres Gresik, Perwira Staf Polres Gresik, Bintara dan ASN Polres Gresik, Bhayangkari Polres Gresik , Warga Desa Randu Agung.

Dengan Mengumandangkan Takbir, Sholat Ied Berjamaah., Khutbah yang diisi oleh Sdr. KH. DRS. MANSOER SHODIQ ( Ketua Mui Kab. Gresik ) Yang intinya : * Kumandang takbir yang berkumandang adalah wujud rasa syukur atas di rayakannya idul adha.

Ada 3 peristiwa besar yaitu Pertama Aksi serentak pelaksanaan sholat idul adha di masjid2 dan lapangan2 , yang kedua bergelimpangannya berjuta2 ternak kurban dengan di tandai dengan bergelimpangannya darah qurban sebagai bukti cinta kepada allah SWT, pungkas Kapolres Gresik AKBP Wahyu S.Bintoro. 

Qurban adalah peristiwa dimana Nabi Ibrahim mendapat perintah yaitu harus menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail , nabi ismail menjawab dengan jelas agar melaksanakan perintah Allah Swt dan pada waktu akan dilaksanakan penyembelihan anaknya nabi Ismail di ganti dengan seekor domba. 

Cobaan yang diujikan kepada Nabi Ibrahim sangat berat mengingat Nabi Ismail adalah anak pertama yang di tunggu setelah 80 tahun tidak punya anak. Proses ketika akan melaksanakan perintah Allah swt itu tidak dengan memaksa akan tetapi bertanya terlebih dahulu kepada Nabi Ismail dan Nabi ismail mengiyaakan agar melaksanakan perintah Allah Swt.

Contoh dari Nabi Ibrahim adalah contoh dimana kita harus rela berkorban baik pikiran , tenaga dan harta maupun jiwa untuk kemuliaan islam walaupun dimasa sekarang banyak manusia yang lupa agar berkorban demi agamanya karena manusia sekarang banyak yang gila harta dan tahta dan urusan duniawi sehingga terlena. 

Gerenasi muda sekarang banyak permasalahan seperti sek bebas, narkoba dan kenakalan remaja lainnya sehingga perlu adanya pengorbanan dari semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan yang menimpa pada generasi muda.

Peristiwa ketiga adalah adanya hijrah di padang arafah dimana dengan pakaian yang sama dan semuanya serba sama baik niat , pangkat dan jabatannya mengucapkan kalimat yang sama allahumma labaik syarikala kalabaik. 

Dipadang arafah adalah tempat bertemunya nabi adam dan siti hawa dan para jamaah haji melakukan lempar jumrah yaitu melempari syaiton.

Setelah itu para jamaah haji akan berbondong bondong menuju kakbah dengan mengucap rasa syukur bahwa kegiatan haji selesai di laksanakan.

Kegiatan di dunia adalah permainan dan tempat bersaing seperti tumbuh2an dimana setelah turun hujan akan tumbuh indah dan lama kelamaan akan mengering. Itu adalah gambaran bahwa kehidupan di dunia adalah semu semata, kehidupan sesungguhnya adalah di akhirat.

Hidup di dunia adalah ujian dari allah Swt mengenai pantas tidaknya manusia masuk surga karena didunia ada 2 golongan yaitu golongan mamusia yang hidup untuk kehidupan akhiratnya dan golongan manusia yang kehidupan hanya untuk dunianya.


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment