LAMONGAN infojatim.com - Hari ini di kabupaten Lamongan jawa timur serentak mengadakan pilihan kepala desa, harapan Kyai Muzakkin (Gus Zakky), Ketua umum JCW (Jatim Corruption Watch) Provinsi jawa timur yang juga pimpinan pondok pesantren khusus rehabilitasi sakit jiwa dan narkoba Asma'Berojomusdi Lamongan ini.

"Yang mencalonkan dan yang mencoblos, marilah pesta demokrasi ini kita jadikan sebagai lahan ibadah, jangan nuruti nafsu dan panas-panasan saling mengklaim yang paling baik, apalagi menjelek-jelekkan yang lain, dukung mendukung itu sah-sah saja, tapi jangan berlebihan sebab urusan jadi dan tidak itu juga sudah menjadi takdir dari Allah swt, jangan dikotori pesta demokrasi ini dengan judi, tombok'an, agar hasilnya baik dan mendapat ridho dari Allah swt", tuturnya saat berkomentar kepada awak media infojatim.com dikantor desa Sendangagung Minggu,15/09/2019. 

Lanjut Gus Zakky, Pria yang juga ketua pusat BPAN RI (Badan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia) ini menambahkan," Siapapun yang jadi pemimpin nanti kita harus bisa menerimanya, yang terpilih jangan sombong, yang tidak terpilih juga jangan dendam, agar masyarakatnya tentram tidak kacau, sebab besuk diakherat orang yang dimudahkan masuk surga oleh Allah adalah orang yang tidak sombong dan tidak dendaman",terangnya. 

Memang sebaik apapun pemimpin, dan sesempurna apapun orangnya itu tidak akan pernah lepas dari cacian orang, Jangankan manusia biasa, sekelas nabi dan rasulpun tak luput dari cacian dan hinaan. Memang demikianlah Allah menciptakan sunnahNya ﻻَ ﻳَﻜْﻤُﻞُ ﻋَﺎﻟِﻢٌ ﻓِﻲ ﻣَﻘَﺎﻡِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﺒْﻠَﻰ ﺑِﺄَﺭْﺑَﻊٍ : ﺷَﻤَﺎﺗَﺔِ ﺍْﻷَﻋْﺪَﺍﺀِ ، ﻭَﻣَﻼَﻣَﺔِ ﺍْﻷَﺻْﺪِﻗَﺎﺀِ ، ﻭَﻃَﻌْﻦِ ﺍﻟْﺠُﻬَّﺎﻝِ ، ﻭَﺣَﺴَﺪِ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ ، ﻓَﺈِﻥْ ﺻَﺒَﺮَ ﺟَﻌَﻠَﻪُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺇِﻣَﺎﻣًﺎ ﻳُﻘْﺘَﺪَﻯ ﺑِﻪِ . 
"Seorang ‘Alim tidak akan sempurna maqom keilmuannya sebelum dia diuji dengan empat hal : Dimaki oleh musuh-musuhnya; Dicela oleh teman-temanya; Diolok-olok oleh orang-orang bodoh; dan Diiri oleh orang-orang alim lainnya. 
Jika ia sabar, maka ialah pemimpin sejati yang pantas untuk diikuti". 

Sayyidina Umar bin Khattab RA seorang Khalifah Rasulullah yang terkenal tegas dan adilnya, juga sering mendapatkan cacian dan hinaan. Dulu Sayyidina Umar sering menangis sendirian sesudah selesai menunaikan shalat. Dan tiba-tiba ia tertawa terbahak-bahak, juga sendirian. Tidak ada orang lain yang membuatnya tertawa. Orang² yang tak suka pada beliau berkata: "Bukankah hal itu merupakan isyarat yang jelas bahwa Umar bin Kaththab sudah gila?".

Shahabat Abdurrahman bin Auf, sebagai salah seorang shahabat Umar yang paling akrab, merasa tersinggung dan sangat murung mendengar tuduhan itu. Apalagi, hampir semua rakyat Madinah telah sepakat menganggap Sayyidina Umar betul-betul sinting. Dan, sudah tentu, orang sinting tidak layak lagi memimpin umat atau negara. 

Masyaallah,itulah kehebatan beliau, yang didapat dari kesabaran dalam memimpin rakyatnya dan hasil Istiqamahnya berjihat kepada Allah,walaupun mendapat hinaan dan cacian dari berbagai sudut, namun beliau tetap memimpin dengan baik dan isiqomah, الإستقامة خير من ألف كرامة Semoga kepala desa yang terpilih bisa amanah, dan kita sebagai rakyat semoga selalu dikaruniai kekuatan iman lahir dan batin, Selamat ber-Pilkdes, semoga sukses dan dalam ridho Allah Swt, Amin. 


Sumber Berita : Suara JCW News/Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com (Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment