GRESIK infojatim.com - Aksi unjuk rasa damai oleh 100 orang anggota LSM GMBI Distrik Kabupaten Gresik yang di pimpin oleh Sdr Muhammad Huddin,S.P.di (Ketua LSM GMBI Distrik Gresik) yang di laksanakan di depan Kantor PUTR kb Gresik Jl.Dr.Wahidin Sudirohusodo Bunder Kec Kebomas Kab Gresik , Senin ( 25/11/2019) 

Dalam Aksi unjuk rasa para pendemo dengan menggunakan sarana yang di gunakan sepeda motor, mobil komando, Spanduk, Poster dan selebaran, selanjutnya massa tiba di depan kantor PU Gresik, langsung massa melaksanakan orasi secara bergantian di depan pintu gerbang kantor PU Gresik.

Dalam aksinya tersebut akhirnya dari perwakilan massa LSM GMBI 20 orang dpp Sdr Muhammad Hudin di terima Kepala PUTR Kab Gresik Bpk Ir.Gunawan Setiadi.MM dan Bpk Moh Kurniawan Eko Yuanto.S.Psi.M.Si Sekretaris inspektorat Kab.Gresik di Ruang Rapat Dinas PUTR Kab.Gresik. 

Ketua LSM GMBI Muhammad Huddin S.Pdi selanjutnya menyampaikan: - Bahwa selama ini pihak LSM GMBI sering menemukan pelaksanaan proyek di lapangan di mana pihak pelaksana tidak mempunyai RAP dan tidak dilengkapi Dokumen yang asli  
- Dinas PUTR dalam proses lelang pekerjaan tidak ada keterbukaan di mana perencaan proyek sering tidak sesuai yang di harapkan 
- LSM GMBI sering menanyakan RAP Ke dinas PUTR tetapi tidak pernah ada tanggapan. 
- Banyaknya proyek di lapangan yang tidak ada papan pengumuman soal sumber dana 
- Pihak Pengawas dari Dinas PUTR menggunakan seragam tidak ada logo Kabupaten Maupun Dinas beserta kelengkapan 

Dari unek unek yang di sampaikan baik dari ketua LSM GMBI maupun dari anggota yang lain akhirnya di terima dengan baik sebagai masukan atau sebagai sosial kontrol untuk Dinas PUTR Kab Gresik. 

Adapun Jawaban dari Kepala Dinas PUTR Bpk Gunawan Setiadi :
- Selama ini PUTR hanya menjalankan tugas sesuai aturan. kalau selama ini LSM GMBI ingin tahu dokumen Dinas PUTR soal RAP hendaknya sesuai aturan yang ada, PUTR tidak pernah menutup nutupi dan siap menjelaskan semua pertanyaan .
- Pihak PUTR sangat berterimakasih atas yang di sampaikan LSM GMBI dan kedepan Kadis akan melaksanakan evaluasi kinerja pelaksana di lapangan . 
- Diharapkan LSM GMBI jangan malu malu melapor ke PUTR bila ada pelanggaran proyek di lapangan . 

Tak lupa juga Jawaban Bpk.Kurniawan Eko Y. (Sekretaris inspektorat Kab.Gresik) yang intinya :
- terkait soal surat tugas maupun surat perintah/SP itu masing masing dari kepala OPD yang menerbitkan 
- jika ditemukan anggota dari salah satu OPD yang tidak menggunakan kelengkapan saat berdinas maupun disertai Surat tugas silahkan difoto kemudian laporkan kepada Kantor inspektorat 

Dari jawaban- jawaban di atas baik dari Kepala Dinas PUTR Kab Gresik Bpk Gunawan Setiadi MM maupun dari Bpk Kurniawan Eko Y ( Sekretaris Inspektorat Kab.Gresik) akhirnya LSM GMBI dapat menerima dan setelah itu massa LSM GMBI meninggalkan Kantor PUTR dan kembali ke Kantor GMBI di Ds Metatu Benjeng Gresik , LSM GMBI tersebut di Kawal oleh Akp Lukman SH sebagai Kapolsek Benjeng mulai dari Kantor GMBI sampai ke kantor Dinas PUTR Kab Gresik. 

Selama aksi damai berjalan tetap dalam pengamanan baik dari kepolisian di bawah pimpinan. Akbp Kusworo wibowo SH. SIK MH sebagai Kapolres Gresik, TNI, juga dari tim unit Intel 0817 dan selama giatpun berjalan dengan tertib dan aman . 


Penulis Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi).

Post a comment