Gresik, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Kepala Kejaksaan Negeri Gresik Heru Winoto, SH. MH melalui Kasi Intelijen KN. Gresik menyampaikan bahwa Tim Inventaris Aset yang di dalamnya ada Pihak Pemda, BPKAD, Dinas Pertanahan dan BPN telah berhasil menyelamatkan 201 aset pemda yang ditelusuri dan ditemukan oleh jajarannya. 

Pengamanan Penertiban dan Penyelamatan Aset Pemerintah menjadi bagian bentuk langkah- langkah prioritas penegakan hukum khususnya dalam memperoleh legalitas (yuridis formal). Di lapangan kami banyak menemukan aset-aset yang masih dikuasai oleh pihak ke 3 yang tidak memiliki dasar hak kepemilikan.

Ini harus ditertibkan. Melalui bidang Intelijen, pidsus dan datun akan kami sinergi kan dengan stakeholder terkait sehingga upaya upaya penertiban administrasi atas aset-aset yang belum jelas milik Negara atau pemerintah harus dipulihkan. Ini merupakan langkah nyata peran Kejaksaan dlm mendukung program pemerintah. 

Kami senyap bekerja namun nyata dlm output hasilnya. Dalam kesempatan yang baik ini, kami akan terus tingkatkan kinerja dengan memperbaiki pola koordinasi dengan BPN, Dinas Pertanahan, Bagian Aset DPPKAD sekaligus BPK sehingga upaya perbaikan sistem tata kelola administrasi pencatatan dan legalitas aset bisa dipulihkan sesuai koridur hukum dan tata kelola Aset Negara.

Perlu diketahui bahwa sampai hari ini ada 80 aset pemerintah yang berhasil dituntaskan dan baru kami tayangkan 21 sertifikat dengan nilai tranksasi hampir 12, 5 Milyar. kalau dari 201 aset tersebut bisa kita pulihkan dan amankan bisa mencapai 100 Milyar dan temuan2 BPK yang selama ini menjadi PR bisa dituntaskan. 

Kejaksaan Negeri Gresik dan Tim InventarisasinAset Pemkab Gresik akan terus mencari, mengamankan serta memulihkan aset aset ini sehingga bisa dimanfaatkan dan ditatakelolakan sebagai aset pemkab gresik yang punya nilai ekonomis meningkat. Kalau asetnya pemkab besar dan bisa ditatakelolakan dengan baik, insyaallah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Santri ini.

Kami ucapkan trima kasih atas kerja sama antara pihak Pemkab dengan BPN dlm mendukung kegiatan ini. 'Pungkasnya, ", Rabo ( 13/5/2020). 


Partner mitra Arifin s,zakaria infojatim.com ( pendiri dan penanggung jawab redaksi)

Post a comment