Surabaya, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Dalam rangka tindak lanjut penanganan Covid - 19 telah dilaksanakan acara Penandatanganan Komitmen Bersama terkait penanganan Covid - 19 di Wilayah Kota Surabaya, Kab Sidoarjo., dan Kab Gresik yang bertempat di Gedung Suryo No.07 Surabaya Pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2020 pukul 08.45 s.d 10.00 WIB,yang di ikuti oleh para undangan sekitar 50 orang dan dipimpin langsung oleh Khofifah Indar Parawansa sebagai (Gubernur Jawa Timur). 

Dalam acara tersebut dihadir oleh Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) , Mayjen TNI Widodo Iryansyah (Pangdam V/Brw) , Irjenpol M. Fadil Imran (Kapolda Jatim) , Laksda TNI Heru Kusmanto (Pangkoarmada II) , Kusnadi (ketua DPRD jawa timur), Heru Tjahjono (Sekda Provinsi Jatim) , Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo (Danrem 084 /Bhaskara Jaya), Kombes Pol Johnny Eddison Isir, S.I.K., M.T.C.P (Kapolrestabes Surabaya), Kolonel Inf Darwis Efendi (Asintel Kasdam V/Brw) , Kolonel Inf Singgih Pambudi (Aster Kasdam V/Brw) , Kolonel Czi Dwi Bima Nurrahmat SE (Aslog Kasdam V/Brw). Kolonel Inf Slamet Riadi (Asops Kasdam V/Brw) , Kombes Pol Muhammad Firman (Karo Ops Polda Jatim) , Kombes Pol Slamet Hariyadi, S.I.K, M.H, M.M (Dir Intel Polda Jatim). 

Dan tidak ketinggalan juga hadir Kombes Pol. Budi Indra Dermawan, SIK (Dirlantas Polda Jatim), AKBP Ganis Setyaningrum ( Kapolres Tanjung Perak) , Kombes Pol Sumardji (Kaplres Sidoarjo), AKBP Arief Fitriyanto, SH.,S.I.K.,M.H (Kapolres Gresik) , Kolonel Inf Moch Sjasul Arief, S.sos (Dandim Tipe A 0832/SS) , Kolonel Arh Putut Witjaksono (Dandim Tipe A 0830/SU) , Kolonel Inf Agus Faridianto (Dandim Tipe A 0831/ST) ,. Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi (Dandim 0816/Sidoarjo) , Boedi Prijo Soeprajitno (Ka. Bapenda Prov Jawa Timur) , Subhan (Kalaksa BPBD Prov Jawa Timur), Jonathan Judianto (Ka. Bakesbangpol Prov Jawa Timur) , Areis Agung Pawai (Ka. BPSDM Prov Jawa Timur) . 

Dan hadir juga Himawan Estu Bagijo (Ka. Disnakertrans Prov Jawa Timur), Nyono (Ka. Dishub Prov Jawa Timur) , Dr. Sukesi, Apt. Mars (Ka. Dinsos Prov Jawa Timur) , Ir. Baju Trihaksoro (Ka. Dinas PR KP dan CK Prov Jawa Timur) , 28. Benny Sampirwanto (Ka. Diskominfo Prov Jawa Timur) , Budi Santoso (Ka. Satpol PP Prov Jawa Timur) , dr. Joni Wahyudi (Dirut RSUD Dr. Soetomo Surabaya) , dr. Kohar Hari Santoso (Dir RSUD Dr. Saiful Anwar Malang) , Dr. Ir. H.Sambari Halim Radianto, ST., M.Si (Bupati Gresik) , Nur Ahmad Syaifuddin (Plt Bupati Sidoarjo) , Tri Rismaharini (Walikota Surabaya)

Dalam acara Komitmen bersama Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di kota Surabaya, Kab Sidoarjo dan Kab Gresik. Sehubungan dengan berakhirnya pelaksanaan pemberlakukan PSBB dalam penanganan Covid-19 di kota Surabaya, Kab Gresik dan Sidoarjo . 

Maka melalui peraturan Walikota Surabaya tentang pedoman tatanan normal baru pada kondisi pandemi Covid-19 di kota Surabaya, Peraturan Bupati Sidoarjo tentang pelaksanaan pola hidup masyarakat pada masa transisi menuju masyarakat yang sehat disiplin dan produktif di tengah pandemi Covid-19 di Kab. Sidoarjo , " Pungkasnya, ". 

Dan peraturan Bupati Gresik tentang pedoman massa transisi menuju tatanan Normal baru pada kondisi pandemi Covid-19 di Kab Gresik, kami berkomitment : 
*Dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan dampak wabah Covid-19 dengan mengerahkan ketersediaan sumber daya personil, materiil, prosedur anggaran yang dimiliki.
*Melaksanakan pemenuhan dan penegakan disiplin protokol kesehatan dengan pencegahan Covid-19. 
*Melakukan test, tracing, intervensi dan treatment penanggulangan Covid-19
*Melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran atas ketentuan peraturan per Undang- undangan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sesuai dengan kewenangan masing-masing.
*Saling bekerja sama, berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19, " pungkasnya, ".

Selanjutnya Penandatanganan petisi oleh oleh Walikota Surabaya, Bupati Gresik, Bupati sidoarjo, ketua DPRD provinsi Jatim, Pangkoarmada II, Kapolda Jatim, Pangdam V /Brw, Gubernur Jawa Timur

Dalam Sambutannya Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan bahwa pada intinya kegiatan penanggulangan penanganan Covid-19 sebagai tanggung jawab yang berat, Pemerintah kota Surabaya berusaha dengan masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan cara tracing untuk melacak bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dan yang relatif akan di lakukan swab, " Pungkasnya, ". 

* Pemerintah kota Surabaya akan melakukan launcing 350 kampung tangguh jogo Surabaya, tempat ibadah Wani jogo suroboyo dan tempat industri wani Jogo Suroboyo untuk melakukan penanganan Covid-19 di kota Surabaya.

Juga dalam Sambutan Dr.Ir.H.Sambari Halim Radianto ST, M.Si sebagai (Bupati Gresik) yang pada intinya bahwa * Komitmen yang telah di sepakati bersama merupakan bukan tanggung jawab satu kabupaten /Walikota melainkan tanggung jawab bersama demi terlaksananya penanganan Covid-19 di Jawa Timur dan khususnya Surabaya Raya, " Ucapnya, ". 

Lanjut Bupati Gresik dengan kesepakatan bersama harapan pemerintah provinsi jawa timur memberikan dukungan, tanpa melihat ini, ini kab. Sidoarjo, kab. Gresik atau kota Surabaya, akan tetapi dengan kebersamaan menjadi satu dalam penanganan Covid-19, "Ujar, " Bupati Gresik. 

* Dalam memasuki massa transisi selesai pelaksanaan PSBB di Surabaya Raya, tidak ada perubahan yang sangat signifikan dalam kegiatan, langkah - langkah kab. Gresik dengan melakukan penegakan disiplin kesehatan untuk menuju Gresik yang lebih maju, " Ujar " Bupati Gresik dalam agenda tersebut. 

Juga dalam Sambutan oleh Nur Ahmad Syaifuddin (Plt Bupati Sidoarjo) pada intinya bahwa hari ini wajah harus banyak tersenyum karena PSBB sudah selesai dan hasil belum sesuai dengan target walaupun dengan Tren yang agak turun dan semua harus patut dan di syukuri, dan kita berdoa mudah- mudahan kondisi bisa seperti semula. " Imbuhnya, ". 

* Komitmen bersama yang telah di buat bersama dan di Brigdon dengan peraturan Gubernur serta perbup dan perwali, semua komitmen harus di lakukan dengan bijak dan pandai dalam penanganan Covid-19, agar ekonomi masyarakat tidak hancur dan bisa bekerja kembali seperti sedia kala, " Pungkasnya, ". 

*Massa transisi menuju New Normal nanti pemerintah kab. Sidoarjo akan berusaha semaksimal mungkin melakukan sinergi dengan TNI - POLRI dalam penanganan Covid-19 di wilayah kab. Sidoarjo dan nanti betul - betul masuki New Normal yang sesungguhnya, " Ucapnya, ". 

Lebih lanjut Sambutan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang pada intinya bahwa * Pemerintah provinsi jawa timur mengucapkan atas komitmen bersama yang telah di buat agar komitmen tersebut dilaksanakan dengan betul - betul dalam penanganan Covid-19," Ujar, " Gubernur Jatim.

*komitmen bersama untuk membangun kehidupan yang lebih baik merupakan bentuk iktiar menuju masyarakat yang sehat dalam memasuki massa transisi untuk menuju New Normal.

*Layanan dalam penanganan Covid-19 harus di tingkatan dalam memutus mata rantai Covid-19 di dunia, umumnya Indonesia khususnya Jatim dan Surabaya Raya. 

Dengan berakhirnya Kegiatan penandatanganan komitmen yang di lakukan oleh Pemerintah kota Surabaya, Kab. Sidoarjo dan Kab Gresik bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka bersama - sama dalam meningkatkan dan memperketat protokol kesehatan penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya Raya sesuai dengan Perwali dan Perbub di wilayah masing-masing. 


Penulis Arifin S.Zakaria infojatim.com ( Pendiri Dan Penangung Jawab Redaksi)

Post a comment