Sidoarjo, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 


Berdayakan limbah plastik,Kerajinan karya Warga Binaan Pemasyarakatan dari Rutan Klas 1 Surabaya ini sudah diperjual belikan ke masyarakat luar. Banyaknya Penghuni Rutan Klas 1 Surabaya ini sebanding dengan banyaknya sampah yang dihasilkan,salah satu cara mengurangi dampak kerusakan lingkungan yakni dengan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai,  dengan memanfaatkan barang barang bekas untuk di wujudkan sebuah karya yang unik dan menghasilkan. 


Seperti yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Medaeng yang satu ini. Dibawah Pengawasan langsung oleh Plh Kepala Rutan,para warga binaan menciptakan kerajinan bunga hias dari bahan dasar sampah yang tidak bisa diurai yaitu plastik dan tanah liat. 


Sudah banyak yang terjual dimasyarakat luar,Limbah Epic tersebut bisa didapatkan  di Gerai pojok WBK di Rutan Klas 1 Surabaya pada hari hari tertentu.
“Fokus utama kami sebenarnya bukan pemasaran,namun bagaimana kami bisa membina dan memberikan pelajaran untuk Warga Binaan kami sehingga nantinya ketika sudah keluar dan dibebaskan dari Rutan,Anak anak kami atau dalam pengawasan dan pembinaan ini yang mempunyai skill dan talenta”, untuk meneruskan karya - karyanya di masyarakat umum. 


Dan jangan sampai perbuatan yang sudah di alami terulang kembali, " Ujar, " Wahyu Indarto saat di wawancarai oleh Pendiri dan penanggung jawab redaksi infojatim.com - gresiknews1.com Group
Arifin S.Zakaria yang didampingi oleh Simatupang SH,  pada hari Kamis ( 22/10/2020)  di Rutan Klas 1 Medaeng Surabaya. 


Wahyu Indarto selaku Plh Kepala Rutan Klas 1 Surabaya ini menerangkan bahwa pembekalan kegiatan seperti ini sangat penting untuk Narapidana yang tak lama lagi menjalani kehidupan normalnya di luar dan kembali ke masyarakat. 

Lanjut Rutan Klas 1 Surabaya terus berbenah dengan melakukan inovasi baru dengan memusatkan pada layanan kepada warga binaan dengan membuat posko pusat layanan informasi dan komunikasi.

“Dengan posko ini diharapkan memudahkan warga binaan mendapatkan informasi tentang bagaimana pengurusan CB,PB,CMB maupun syarat untuk mendapatkan Remisi dan Asimilasi secara transparan” ucap Plh. Kasi Pelayanan Tahanan, Sukarna. (Humas Rutan Surabaya) pada hari Kamis ( 22/10/2020) .


* Yang lebih berguna lagi dan bermanfaat  untuk para narapidana,  yang dikenal dengan memiliki banyak serat kacang hijau juga merupakan makanan yang kaya vitamin dan banyak manfaat. Rutin memakan kacang hijau dipercaya dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh.
Seperti yang dilakukan Rutan Klas 1 Surabaya kali ini. Selain memakan makanan pokok setiap hari,pemberian penunjang makanan seperti bubur kacang hijau mendapat respon positif dari Warga Binaan Pemasyarakatan. 

Dengan adanya variasi penunjang makanan,akan dapat berdampak baik bagi kesehatan Warga Binaan. Bubur Kacang Hijau ini biasa dibagikan setelah mereka melaksanakan senam bersama ,  sampai berita ini diturunkan, Sabtu ( 24/10/2020) . 



Sumber Berita :  Humas Rutan Klas 1 Surabaya 
Penulis: Arifin S.Zakaria 
( Pendiri Penanggung Jawab Redaksi )

Post a comment