IRAK - Turki menarik sejumlah pasukannya dari sebuah kamp di luar kota Mosul, Irak. Media pemerintah mengatakan, Senin (14/12), langkah itu menurut para pejabat militer Turki sebagai bagian dari program pengaturan kembali.
Pasukan Turki beroperasi di Irak untuk membantu melatih para pejuang setempat, dan sebelumnya bulan ini, militer mengirim lebih banyak pasukan ke kawasan Mosul dengan alasan mereka diperlukan di sana untuk perlindungan.
Pengiriman lebih banyak tentara itu membuat marah pemerintah Irak yang menuntut Turki untuk menarik mundur pasukannya dan mengancam akan membawa masalah itu ke PBB. Dua pejabat Turki pergi ke Baghdad pekan lalu untuk berusaha meredakan situasi namun Irak terus menuntut agar pasukan tambahan itu segera ditarik mundur.
Media pemerintah Turki mengatakan, langkah penarikan pasukan hari Senin mencakup penarikan 10 hingga 12 kendaraan militer yang tadinya merupakan bagian dari sebuah konvoi yang bergerak ke luar dari Mosul menuju Irak bagian Utara.(sumberVOA/arz/team4k2)

Post a Comment