Info Jatim Grup 20:00 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Petugas BPBD Kabupaten Gresik segera tanggap turun ke lapangan dengan singgap menanggulangi melakukan pemotongan dan perapian pohon-pohon yang tumbang menimpa salah satu kendaraan. Akibat dari hujan deras disertai angin kencang sore tadi di area parkiran kantor Dishub Kabupaten Gresik, Selasa (09/1/2024 ) pukul 16.00 wib. Foto: (Red.infojatim.com)

Hujan deras yang disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang yang menimpa Mobil milik seorang warga asal Mojokerto ketika berada di area kantor Dishub Kabupaten Gresik, Selasa (09/1/2024 ) pukul 16.00 wib.

Sebelumnya sang pemilik mobil tidak mengetahui kalau kendaraannya telah tertimpa Sebuah pohon berdaun rimbun, tumbang hingga menimpa mobil seketika itu. karena pada saat kejadian Hujan deras disertai angin kencang mengguyur di area parkiran. dirinya sedang berada di ruangan kantor PPLH di kawasan sekitar kantor Dishub Kabupaten Gresik.

Sementara itu kepala bidang kedaruratan dan logistik Badan penangulangan Bencana  Daerah ( BPBD) Kabupaten Gresik Ir. Driatmoko Herlambang segera tanggap turun ke  lapangan dengan singgap menanggulangi melakukan pemotongan dan perapian pohon-pohon yang tumbang akibat dari hujan deras disertai  angin kencang sore tadi. 

"Dalam pemotongan pohon yang tumbang, nampak beberapa petugas menggergaji bagian pohon menjadi ukuran yang lebih kecil agar mudah disingkirkan, " ungkapnya.

Pendik pemilik mobil menuturkan, kejadian robohnya pohon yang tumbang timpa mobil berwarna putih  tersebut akibat hujan deras dan angin kencang sekitar pukul 16.00 wib.

Pendik warga asal Mojokerto pemilik mobil yang tertimpa pohon di area parkiran kantor Dishub Kabupaten Gresik, Selasa (09/1/2024 ) pukul 16.00 wib. Saat diwawancarai terkait musibah yang diakibatkan dari hujan deras disertai angin kencang sore tadi. Foto: (Red.infojatim.com)

"Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak ada korban, untuk selanjutnya kita harus waspada dan hati-hati yang saat ini memasuki musim hujan terutama untuk dinas yang terkait  harus siap siaga dalam menghadapi  musim hujan  ini, "ucapnya.

Diungkapkannya, pada tahun lalu juga peristiwa yang sama tiga pohon berbarengan juga roboh dan warga masyarakat juga sudah memberikan laporan masukan ke LH Kab Gresik namun tidak ada tanggapan secara serius untuk menanggulangi pohon yang tingginya  +- 25 - 30 meter.

"Ya semoga Dinas-dinas terkait di pemerintahan kabupaten Gresik lebih tanggap dan peduli terhadap wilayahnya. Apalagi Ini sudah masuk musim penghujan. Masak nunggu ada korban dan terima laporan dulu. baru kemudian ada pencegahan, "ungkapnya.

Dalam musibah bencana ringan robohnya pohon yang tumbang  di kantor Dishub Gresik terpantau langsung oleh pimpinan redaksi infojatim.com di lokasi.

Pimpinan Redaksi infojatim.com ketika berada di lokasi terjadinya Hujan deras disertai Angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang menimpa salah satu kendaraan di area parkiran kantor Dishub Kabupaten Gresik, Selasa (09/1/2024 ) pukul 16.00 wib. Foto: (Red.infojatim.com)

Sebagai informasi, Seperti yang diketahui sebelumnya pada bulan November 2023 lalu, Khofifah telah menyampaikan bahwa BMKG telah memprediksi akan terjadinya awal hujan pada Minggu III November dan memperingatkan akan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi mulai Februari 2024.

"Warning dari BMKG kemungkinan Februari itu akan masuk pada intensitas hujan yang tinggi. saya minta semua pihak baik pemerintah kabupaten atau kota, kecamatan, desa dan warga bersama-sama melakukan mitigasi," ujar Gubernur jawa timur Khofifah Indar parawansa dalam keterangannya saat meninjau lokasi bersih sungai di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (02/11/2023).

Lebih lanjut, Khofifah berharap pemerintah daerah juga bisa melakukan aksi mitigasi tersebut, sehingga dampak perubahan dari El-Nino ke La Nina bisa diwaspadai dan diantisipasi bersama-sama.

"Mungkin kawan-kawan media bisa menyampaikan pesan ini secara lebih luas agar kewaspadaan semua pihak lebih seksama,” ungkap Khofifah dalam keterangan pada November 2023 lalu. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment