Gresik -  Kabupaten Sehat, itulah yang saat ini sedang digagas Pemerintah Kabupaten Gresik bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan pihak yang terkait untuk sama-sama memantau desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gresik menjadi kawasan yang layak huni dan dikatakan lingkungan yang sehat.
Upaya tersebut diwujudkan dengan diadakannya Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) dan Desa/Kelurahan Sehat yang dilaksanakan di halaman Pemkab Gresik (Rabu, 16/12/2015) yang bertemakan STMB (sanitasi total berbasis masyarakat) mewujudkan Gresik Kabupaten Sehat.
Deklarasi yang diikuti 54 Kepala Desa dan 5 Kelurahan sebagai pernyataan bahwa Desa/Kelurahan tersebut sudah ODF dan siap mewujudkan Gresik sebagai Kabupaten sehat, mandiri dan sejahtera.
Kepala Dinkes Dr. Sugeng Widodo dalam sambutannya mengatakan "Dalam pelaksanaan STBM ini kita perlu memahami 5 pilar yakni ODF (pembuangan limbah/kotoran sesuai dengan alur yang sudah ditentukan dan tidak sembarangan), selalu cuci tangan pakai sabun, pengolahan makanan minuman rumah tangga yang bersih dan sehat, pengolahan sampah rumah tangga yang benar dan pengolahan limbah yang sesuai aturan" paparnya. "Lingkungan desa yang bersih dan tertata rapi juga menjadi salah satu kriteria untuk menjadikan desa/kelurahan tersebut dikatakan desa sehat" tambahnya.
Plt Sekda Kabupaten Gresik Ir. Bambang Isdianto berharap semakin banyaknya inovasi-inovasi baru untuk mendukung misi pemerintah untuk menjadikan Gresik menjadi Kabupaten sehat dan menerapkan ODF di seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Gresik. "Hal ini sejalan dengan misi pemerintah dalam peningkatan kesehatan masyarakat karena angka harapan hidup di Kabupaten Gresik terbilang cukup tinggi yakni 72 tahun" jelasnya.
Sedangkan Kepala Bidang P2MK Dinas Kesehatan Jawa Timur Drg. Ansarul Fahrudda mengapresisasi langkah Pemerintah Kabupaten Gresik bahwa dari prestasi yang diraih Gresik dari Kementerian Kesehatan RI beberapa waktu yang lalu yakni Swasti Saba Padapa untuk program Gresik sehat dan Karya Bakti Husada. Mereka menginginkan hal ini sebagai momentum peningkatan sektor kesehatan masyarakat dan mendukung pencanangan program ODF nasional­.
Penghargaan juga diberikan secara simbolis kepada perwakilan Desa/Kelurahan ODF yang dalam hal ini diterima oleh Desa Siwalan, Penghargaan Desa/Kelurahan Sehat yang diterima oleh Kelurahan Gending, Inovator Komposter Salut/ sale dan beberapa perusahaan pendukung untuk mewujudkan Program Gresik Kabupaten Sehat (ia/team4k2)

Post a Comment