GRESIK - Setelah seleksi administrasi dari 43 Pejabat eselon III yang ikut lelang jabatan, kini hanya 42 pejabat yang terus berlanjut. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKD Gresik Nadhif melalui kabag Humas Pemkab Gresik Suyono dikantornya Jam'at siang (25-11-2016).

Para pejabat eselon III yang mengikuti lelang jabatan tersebut masing-masing 15 orang Camat, 12 orang Kabid, 11 orang Kabag, 2 orang Kepala Kantor dan 3 orang Sekretaris Dinas. "Satu orang terpaksa gagal seleksi administrasi karena mereka tengah tugas belajar. Yang bersangkutan juga masih menjalani jabatan di eselon II pada satu tempat. Sedangkan persyaratannya harus menduduki eselon III di dua tempat berbeda" ujar Nadhif.

Kali ini ada 42 Pejabat eselon III yang memperebutkan 5 jabatan kosong pada Organisasi Perangkat Daerah yang bakal diberlakukan mulai Januari 2017. Dari Lima jabatan tersebut yang paling diminati yaitu Jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman diminati oleh 10 orang. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip masing masing diminati oleh 9 orang.  Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Pol PP Gresik masing-masing diminati oleh 7 orang.

Apakah lelang jabatan hanya diperuntukkan pada PNS setingkat eselon III ? kok sepertinya hanya pejabat eselon III saja ikut lelang. Mendengar pertanyaan demikian Nadhif menguraikan beberapa penjelasan."Lelang Jabatan ini sifatnya terbuka, prioritas PNS Pemkab Gresik". Katanya. Masih menurut Nadhif, ada dua Jabatan yang mestinya bisa diikuti oleh pejabat fungsional yaitu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip.

"Peluang ini sebenarnya bisa diambil oleh para Kepala Sekolah dan Guru dengan pangkat minimal IV/a, namun kenyataannya sampai pendaftaran ditutup tidak ada pendaftar dari unsur fungsional. Padahal pengumuman pendaftaran sudah kami sampaikan kepada seluruh instansi" katanya menyayangkan.

Setelah seleksi administrasi ini, para peserta lelang jabatan masih akan menghadapi seleksi selanjutnya. Seleksi ini akan berlangsung pada tanggal 29, 30 Nopember dan 1 Desember 2016. "Disini para peserta akan melaksanakan seleksi tes tulis, wawancara, Leadership group discussion (LGD) yang terbagi dalam 5 kelompok sesuai jabatan tujuan masing-masing. Selanjutnya mereka akan menyampaikan presentasi visi misi" papar Nadhif.

Tentang Panitia seleksi (Pansel), Nadhif menyebutkan terbagi dalam 2 tim. Untuk tim I yaitu Djoko Sulistiohadi (Sekda Gresik), Bambang Isdianto (Kadis PU), Najikh (Kadiskopeindag), Prof. Joko Mursinto, Dr. Amman (Bandiklat Prop Jatim). Tim II yaitu Nadhif (Ka BKD), Tursilowanto Hariogi (Asisten I), Dr. Abdul Choliq (SGF), Dr. Sarwo Edi (Mantan Dosen Unmuh Gresik), Dr. Ida Ayu (Ka BKN Regional II Surabaya).

Arz/team/d2g

Post a comment