GRESIK - Setidaknya 4000 masyarakat Ujung Pangkah Gresik tumpah ruah mengikuti jalan sehat yang berlangsung di lapangan desa Banyuurip Ujung Pangkah pagi tadi, Minggu (20-11-2016).

Tidak hanya itu, pemkab Gresik melalui Dinas Kesehatan juga mengadakan pengobatan massal yang diikuti sekitar 500 warga desa setempat.

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 yang dilaksanakan di Gresik.

Wakil Bupati Dr.H. Moh. Qosim yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan apresiasinya terhadap kegoatan dan antusiasme masyarakat yang begitu besar.

Dirinya menghimbau, agar masyarakat ikut turut serta menerapkan program presiden Joko Widodo yang bernama GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

"Untuk menuju Germas, kita harus CERDIK. Yakni, Cek kesehatan secara rutin Enyahkan asap rokok, Rajin Olahraha, Diet seimbang, Istirahat cukup, Kelola Stres," ujar orang nomor dua di Gresik tersebut.

Dirinya berharap, melalui pengobatan massal yang diikuti 500 orang tersebut, maka kesehatan masyarakat pun ikut terjamin.

"Silahkan periksakan kesehatan anda melalui pengobatan massal. Pemerintah kabupaten Gresik menyiapkan 5 (lima) dokter spesialis dalam pengobatan massal kali ini," lanjut Wabup Qosim.

Romlah (55) mengaku senang atas pengobatan massal yang digelar pemerintah kabupaten Gresik tersebut. "Saya berharap pengobatan massal seperti ini dapat selalu dilakukan pemkab Gresik, karena sangat dirasakan manfaatnya terutama oleh masyarakat lansia di desa kami," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa rata-rata penyakit yang diderita oleh masyarakat desanya adalah rematik dan asam urat.

Sementara itu, kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk dekat dengan masyarakat melalui pelayanan dan kegiatan sosial.

"Pemerintah ingin dekat dengan masyarakat, karena memang pemerintah selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Suyono.

Arz/team/d2g

Post a comment