GRESIK - Saat ini IPAL komunal di Kabupaten Gresik selalu menjadi rujukan tingkat Nasional, bahkan Kabupaten Gresik merupakan pemilik IPAL terbanyak se Jawa Timur yaitu berjumlah 106 IPAL di 3 kecamatan (kec.Gresik, Kebomas dan manyar)Kab Gresik sangat antusias dengan Program Nasional ini, mengingat manfaat yang di berikan IPAL sangat bermanfaat besar bagi masyarakat, dimana limbah domistik yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat, mampu di kelola dengan baik dan benar, demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bambang isdianto saat membuka workshop  penguatan kapasitas KPP dlam pengelolaan IPAL dan MCK menuju KPP mandiri IPAL lestari di ruang mandala bhkati Praja Kantor Bupati Gresik, rabu (23-11-2016).

Di jelaskan pula dengan jumlah penduduk terbesar, tentu berdampak pada limba domistik, limba domistik ini kalau tidak titangani dengan benar maka akan mencemari lingkungan dan berdampak pada masyarakat.

Mengingat Kab Gresik telah mencanangkan kota tanpa kumuh, ini upaya awal dalam mengatasi kawasan kumuh, tidak hanya tugas Pemerintah saja dalam menangani limba, tapi semua komponen harus terlibat penuh. Semoga dengan Workshop ini para Kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) selain meningkatkan manfaat juga lebih berinovasi.

Sementara itu Ketua TP PKK Gresik, Hj Maria Ulfah Sambari HR usai memberikan hadih pemenang lomba IPAL Komunal menjelaskan bahwa, IPAL komunal yang di kelola dengan baik akan menjadikan perilaku/gaya hidup masyarakat semakin sehat. Hal ini sangat jelas, lingkungan semakin bersih. Memang membuat itu lebih mudah, tapi memelihara jauh lebih sulit.

Menang itu gak penting tapi bagaimana setelah menang bermanfaat bagi masyarakat luas jauh lebih penting. Jadi bagi anggota KPP hendaknya terus berusaha memanfaatkan IPAL komunal secara maksimal dan anggota KPP harus mempunyai terobosan/inovasi sehingga berdampak pada masyarakat luas. Adapun tujuan lomba itu memberikan semangat dan motivasi kepada KPP untuk terus berkarya dan berusaha mengembangkan.

Pada acara Workshop Penguatan kapasitas KPP dalam Pengelolaan IPAL dan MCK menuju KPP mandiri IPAL lestari, juga di bagikan juara lomba IPAL Komunal. Juara I KPP Siwalan Wono Kitri (kel gending) Juara II KPP Sri Rejeki XI (Ds singosari) dan Juara III KPP telaga abadi (Ds Bedilan). KPP Siwala Wono Kitri juga menerima piala bergilir Bupati kompetisi KPP IPAL. hadir juga aisiten Pemerintahan dan kesra, kepala Bappeda, PKK serta pejabat terkait.

Arz/team/d2g

Post a comment